PENGARUH VIDEO TUTORIAL MENYUSUN PUZZEL TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MENTARI BONTOA

FITRA SYADZA ZAHIRA (2023) PENGARUH VIDEO TUTORIAL MENYUSUN PUZZEL TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MENTARI BONTOA.

[img] Text
ARTIKEL Fitra Syadza Zahira (1749040010).docx

Download (257kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh video tutorial menyusun puzzle tehadap kemampuan motorik halus pada anak di Taman Kanak-Kanak Mentari Bontoa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental Quasi One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok B di Taman Kanak-Kanak Mentari Bontoa Kota Makassar. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Sampling Jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah 15 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perlakuan, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif, uji normalitas Shapiro-Wilk, dan analisis statistic non-parametrik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan motorik halus anak sebelum di berikan perlakuan berupa menyusun puzzle tanpa menggunakan video tutorial, dan setelah di berikan perlakuan melalui kegiatan menyusun puzzle menggunakan video tutorial mengalami peningkatan yang signifikan hal tersebut dibuktikan dari hasil uji Wilcoxon yaitu di peroleh Sig (2- tailed) 0.001<0,05 maka H0 ditolak dan H1 di terima, yang berarti bahwa kegiatan menyusun puzzle menggunakan video tutorial berpengaruh terhadap kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun. Kata kunci : Video tutorial, puzzle, motorik halus

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Feb 2023 05:28
Last Modified: 08 Feb 2023 05:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27142

Actions (login required)

View Item View Item