PENERAPAN KEGIATAN BERMAIN KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUFHIJA’IYAH ANAK DI KELOMPOKB1 TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH II PERUMNAS KOTA MAKASSAR

MEGA WAHYUNI (2023) PENERAPAN KEGIATAN BERMAIN KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUFHIJA’IYAH ANAK DI KELOMPOKB1 TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH II PERUMNAS KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1.SAMPULPALING AWAL SKRIPSI.docx

Download (40kB)
[img] Text
2.MEGA HALAMAN SAMPUL DLL.docx

Download (54kB)
[img] Text
LAMPIRAN penelitian.docx

Download (29kB)
[img] Text
Rubrik Penilaian Guru.docx

Download (16kB)
[img] Text
Doc1.docx

Download (11kB)
[img] Text
4.DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (154kB)

Abstract

Mega wahyuni. 2018. Penerapan Kegiatan Bermain Kartu Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hija’iyah Di Kelompok B1 Taman Kanak-Kanak Aisyiyah II Perumnas. Penulis dibimbing oleh Bapak Herman, S.Pd., M.Pd, dan Ibu Hajerah, S.Pd.I., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini yaitu kurangnya kemampuan mengenal huruf hija’iyah pada anak kelompok BI Taman Kanak-kanak Aisyiyah II Perumnas Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan mengenal huruf hija’iyah anak di kelompok B1 Taman Kanak-kanak Aisyiyah II Perumnas Kota Makassar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kegiatan bermain kartu huruf hija’iyah dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf hija’iyah anak di kelompok B1 Taman Kanak-kanak Aisyiyah II Perumnas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini yaitu kemampuan mengenal huruf hija’iyah anak dan kegiatan bermain kartu huruf hija’iyah. Subjek penelitia ini adalah kelompok B1 Taman Kanak-kanak Aisyiyah II Perumnas Kota Makassar dengan jumlah anak 20 orang.Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah teknik observasi, dokumentasi dan wawancara.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dari pertemun siklus I anak belum bisa secara keseluruhan mengenal huruf hija’iyah dengan baik dan benar melalui kegiatan bermain kartu huruf hija’iyah. Maka dilanjutkan lagi dengan siklus kedua bahwa pertemuan ini menunjukkan bahwa kegiatan bermain kartu huruf hija’iyah dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf hija’iyah anak, dengan langkah-langkah yang telah dirancang untuk menerapkan kegiatan bermain kartu huruf hija’iyah memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi anak sehingga anak tidak merasa bosan ketika belajar huruf awal Al-Qur’an yang terdiri 29 huruf dengan kegiatan yang berbeda-beda. Berdasarkan hasil analisis pada bab-bab sebelumnya maka kesimpulan bahwa dengan menerapkan kegiatan bermain kartu huruf hija’iyah dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf hija’iyah di Taman Kanak-kanak Aisyiyah II Perumnas Kota Makassar. Berdasarkan kesimpulan yang ambil, maka disarankan kepada: 1. Bagi guru, 2. Bagi sekolah, 3. Bagi penelitian.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Feb 2023 01:43
Last Modified: 06 Feb 2023 01:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27044

Actions (login required)

View Item View Item