Pengaruh Permainan Maze Terhadap kemampuan Visual-Spasial Anak Kelompok B di TK Kartika XX-15 Kota Makassar.

ST. NUR MUQSHIT (2023) Pengaruh Permainan Maze Terhadap kemampuan Visual-Spasial Anak Kelompok B di TK Kartika XX-15 Kota Makassar.

[img] Text
JURNAL.docx

Download (38kB)

Abstract

ST. NUR MUQSHIT. 2018. Pengaruh Permainan Maze Terhadap kemampuan Visual-Spasial Anak Kelompok B di TK Kartika XX-15 Kota Makassar. Skripsi Ini Dibimbing oleh Dr. Rusmayadi, M.Pd dan Azizah Amal, SS, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan Masalah Dalam Penelitian Apakah ada pengaruh Permainan maze terhadap kemampuan visual-spasial Anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak XX-15, jalan mappaodang Kecamatan Tamalate Kota Makassar? Adapun Tujuan Penelitian ini adalah Mendeskripsikan pengaruh permainan maze terhadap kemampuan visual-spasial anak kelompok B di Taman Kanak- Kanak Kartika XX-15, jalan mappaodang Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Kegiatan permainan maze mengelompokkan warna berdasarkan berdasarkan bentuknya, membedakan bentuk berdasarkan warna, dan menyelesaikan permainan maze/ labirin sederhana sambil menyebutkan arahnya.Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen sederhana. Ada dua variable yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variable bebas ( Permainan Maze) dan Variabel terikat ( Kemampuan Visual-Spasial), dengan desain Penelitian yaitu One Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh anak didik TK Kartika XX-15 Sampel dalam Penelitian ini sebanyak 15 anak didik. Sampel penelitian ini menggunakan Tehnik Sampling. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik Tes, observasi, dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan yaitu perencanaan, pemberian pretest, pemberia perlakuan ( Treatment), pemberia Posttest dan analisis hasil. Tehnik Analisis data yang digunakan yaitu analisi statisti nonparametric dengan menggunakan analisis uji beda Wilcoxon. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa Kemampuan Visual-Spasial anak mengalami Peningkatan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Feb 2023 07:02
Last Modified: 03 Feb 2023 07:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27031

Actions (login required)

View Item View Item