PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN CERITA BERGAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK SIKAMASEANG KABUPATEN GOWA

MIFTAHUL JANNAH (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN CERITA BERGAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK SIKAMASEANG KABUPATEN GOWA.

[img] Text
bagian I sampul skripsi.docx

Download (2MB)
[img] Text
bagian II. BAB I-V..docx

Download (108kB)
[img] Text
bagian III lampiran kisi-kisi,instrumen penelitian dan rpph.docx

Download (228kB)
[img] Text
bagian IV foto foto kegiatan.docx

Download (1MB)
[img] Text
bagian VI Riwayat Hidup.docx

Download (51kB)

Abstract

MIFTAHUL JANNAH. 2018. Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercerita Menggunakan Cerita Bergambar di Taman kanak-Kanak Sikamaseang Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Syamsuardi, S.Pd., M.Pd. dan Hajerah , S.Pd.I., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah bagaimanakah meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui metode bercerita menggunakan cerita bergambar di Taman Kanak-Kanak Sikamaseang Kabupaten Gowa. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berbicara anak melalui metode bercerita menggunakan cerita bergambar di Taman Kanak-Kanak Sikamaseang Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research). Setting penelitian ini dilaksanakan di Taman Kanak-Kanak Sikamaseang dengan subyek penelitiannya adalah 2 orang guru dan 15 orang anak kelompok A. Rancangan tindakan yang diberikan berupa penggunaan cerita bergambar dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada anak yang dilaksanakan selama 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, dimana masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi diolah secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode bercerita menggunakan cerita bergambar maka kemampuan berbicra anak dapat meningkat. Hal tersebut terlihat pada siklus I yang menun jukkan sbagian besar anak berada pada kategori mulai berkembang, kemudian mengalami peningatan pada siklus II dengan berada pada kategori berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik. Indikator kemampuan berbicara yaitu kemampuan 1)kemampuan anak untuk menjawab pertanyaan, 2) kemampuan anak bercerita tentang pengalaman yang terkait dengan gambar yang telah disediakan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Feb 2023 01:04
Last Modified: 03 Feb 2023 01:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26993

Actions (login required)

View Item View Item