STRESS INOCULATION TRAINING UNTUK MENGURANGI STRES BELAJAR SISWA (Studi Kasus Dua Siswa SMPN 7 Pinrang)

Itrah (2023) STRESS INOCULATION TRAINING UNTUK MENGURANGI STRES BELAJAR SISWA (Studi Kasus Dua Siswa SMPN 7 Pinrang).

[img] Text
Itrah_Artikel Ilmiah Skripsi_1844042036_BK.pdf

Download (569kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu terhadap 2 siswa yang mengalami stres belajar. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Gambaran umum stres belajar siswa di SMPN 7 Pinrang. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi stres belajar siswa di SMPN 7 Pinrang. (3) Upaya dalam menangani stres belajar siswa di SMPN 7 Pinrang. Pendekatan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Instrumen penelitian yang dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh dari kedua siswa yaitu: (1) Gambaran stres belajar pada kedua siswa SMPN 7 Pinrang banyaknya tugas yang diberikan oleh gurunya, lebih mementingkan bermain hp ketimbang masuk dalam kelas, sering keluar pada saat proses pembelajaran berlangsung, mempengaruhi temannya untuk tidak masuk dalam kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung. (2) Faktor-faktor yang menyebabkan stres belajar dari kedua siswa faktor internal dan faktor eksternal. (3) Upaya yang dilakukan siswa yang mengalami stres belajar pada siswa SMPN 7 Pinrang yaitu dilakukan dengan menggunakan teknik Stres Inoculation Training. Adapun hasil yang di peroleh dari teknik ini yang awalnya siswa berfikir negatif pada suatu masalah dan mampu menghadapi dengan pikiran yang rasional dan mampu mengurangi stres belajar kedua siswa SMPN 7 Pinrang. Kata Kunci: Stres Belajar dan Teknik Stres Inoculation Training.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Feb 2023 05:31
Last Modified: 02 Feb 2023 05:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26984

Actions (login required)

View Item View Item