PENERAPAN TEKNIK SELF TALK DALAM MENGURANGI KECEMASANBERBICARA DI DEPAN KELAS PADASISWA SMP NEGERI 39 BULUKUMBA

ANDI NUR AZIZAH RAMLAN (2023) PENERAPAN TEKNIK SELF TALK DALAM MENGURANGI KECEMASANBERBICARA DI DEPAN KELAS PADASISWA SMP NEGERI 39 BULUKUMBA.

[img] Text
Jurnal Andi Nur Azizah Ramlan.pdf

Download (342kB)

Abstract

Penelitian ini menelaah penerapan teknik self talk untuk mengurangi kecemasan berbicara di depan kelas pada siswa SMP Negeri 39 Bulukumba. Masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana gambaran tingkat kecemasan berbicara siswa di SMP Negeri 39 Bulukumba? 2. Bagaimana gambaran pelaksanaan teknik Self talk untuk mengurangi kecemasan berbicara di depan kelas pada siswa SMP Negeri 39 Bulukumba? 3. Apakah penerapan teknik self talk dapat mengurangi kecemasan berbicara di depan kelas pada siswa di SMP Negeri 39 Bulukumba?. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimental dengan model True Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini, siswa kelas IX SMP 39 Bulukumba, sebanyak 21 siswa dan Sampel penelitian sebanyak 16 siswa yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol yang masing-masing berjumlah 8 siswa. Teknik Sampling yang digunakan adalah Proporsional Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan Angket dan Observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Jadi hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Tingkat kecemasan berbicara siswa sebelum diberikan treatment berada pada kategori tinggi dan setelah diberikan treatment tingkat kecemasan berbicara di depan kelas berkurang atau berada pada kategori rendah. 2. Selama pelaksanaan teknik self talk, siswa menunjukkan partisipasi yang berada di kategori tinggi dan sangat tinggi. 3. Penerapan teknik self talk mengurangi secara signifikan dalam kemampuan kecemasan berbicara di depan kelas pada siswa SMP Negeri 39 Bulukumba. Kata Kunci: teknik self talk, kecemasan berbicara di depan kelas

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Feb 2023 05:26
Last Modified: 02 Feb 2023 05:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26983

Actions (login required)

View Item View Item