SELF DISCLOSURE SISWA KORBAN BULLYING DAN PENANGANANNYA (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 8 GOWA)

Andi Fany Fajriani. (2023) SELF DISCLOSURE SISWA KORBAN BULLYING DAN PENANGANANNYA (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 8 GOWA).

[img] Text
Jurnal Andi Fany Fajriani_1844042004.pdf

Download (634kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya salah satu siswa yang menjadi korban bullying di SMA Negeri 8 Gowa dan menunjukkan perilaku self disclosure yang rendah seperti siswa tersebut selalu menyendiri di dalam kelas, tidak memiliki pergaulan dengan temannya, takut mengadukan masalah bullying yang dialami kepada guru BK maupun orang tuanya , dan ketika memiliki masalah dia kurang terbuka dengan Guru ataupun temannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Gambaran self disclosure korban bullying di SMAN 8 Gowa, (2) Faktor-faktor penyebab munculnya self disclosure pada siswa korban bullying di SMAN 8 Gowa, (3) Upaya penanganan dengan menggunakan teknik latihan asertif dalam mengatasi self disclosure siswa korban bullying di SMAN 8 Gowa. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus klinis dengan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa korban bullying yang berinisial “KPS” di kelas XII IPA 1 SMA Negeri 8 Gowa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian diperoleh (1) Gambaran self disclosure pada subjek KPS yaitu tidak mampu mengungkapkan/mengekspresikan perasaan suka maupun tidak suka kepada orang lain, tidak mau berbagi cerita/perasaan kepada orang lain, merasa takut, malu ataupun cemas ketika ingin mengadukan atau melaporkan masalahnya ke orang lain atau orang terdekat dan tidak melakukan perlawanan ketika ia di bully atau ia hanya diam, (2) Faktor-faktor penyebab munculnya self disclosure pada korban bullying yaitu karena faktor kondisi psikologis, faktor keluarga, faktor kepercayaan, dan faktor pertemanan, (3) treatment yang diberikan yaitu dengan menggunakan latihan asertif dengan bermain peran dengan dilakukannya teknik ini diketahui bahwa perilaku self disclosure pada siswa korban bullying atau subjek “KPS” sudah mulai meningkat pada masing-masing indikatornya. Kata Kunci: Self Disclosure, Korban Bullying, latihan Asertif

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:52
Last Modified: 02 Feb 2023 03:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26981

Actions (login required)

View Item View Item