PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAKKELOMPOK A DI TK AISYIYAH CABANG MIMBAR KECAMATAN BONTOALA KOTA MAKASSAR

DEWI KARTINI APRILIA (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAKKELOMPOK A DI TK AISYIYAH CABANG MIMBAR KECAMATAN BONTOALA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Daftar Isi.docx

Download (84kB)
[img] Text
Bab 1.docx

Download (36kB)
[img] Text
Bab 2.docx

Download (60kB)
[img] Text
Bab 3.docx

Download (31kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (18kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (230kB)
[img] Text
dokumentasi MEDIA KARTU HURUF.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP. APRILIA.docx

Download (34kB)

Abstract

Dewi Kartini Aprilia, 2017. Pengaruh Penggunaan Media Kartu Huruf terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Kelompok A di TK Aisyiyah Cabang Mimbar Kecamatan Bontoala Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dr. Kartini Marzuki, M.Si dan Dr. Muh. Yusri Bachtiar, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah gambaran kemampuan membaca permulaan anak sebelum penggunaan media kartu huruf, 2) Bagaimanakah gambaran kemampuan membaca permulaan anak sesudah penggunaan media kartu huruf, 3) Apakah ada pengaruh penggunaan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan anak. Tujuan yang ingin dicapai yakni 1) Untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan anak sebelum penggunaan media kartu huruf, 2) Untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan anak sesudah penggunaan media kartu huruf, 3) Untuk mengetahui ada pengaruh penggunaan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan anak. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen sederhana. Populasi dalam penelitian ini yakni 30 anak kelompok A. Sampel dalam penelitian sebanyak 10 anak. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan uji paired t test. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kemampuan membaca permulaan anak sebelum penggunaan media kartu huruf tergolong pada kategori mulai berkembang, 2) Kemampuan membaca permulaan setelah penggunaan media kartu huruf tergolong pada kategori berkembang sangat baik, 3) Ada pengaruh penggunaan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan anak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Feb 2023 06:31
Last Modified: 01 Feb 2023 06:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26954

Actions (login required)

View Item View Item