PENERAPAN MEDIA APLIKASI EDUCATION GAMES BERBASIS BUDAYA LOKAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK DI PAUD MELATI DHARMA WANITA PERSATUAN UNM

WIWIK ASTRIA (2023) PENERAPAN MEDIA APLIKASI EDUCATION GAMES BERBASIS BUDAYA LOKAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK DI PAUD MELATI DHARMA WANITA PERSATUAN UNM.

[img] Text
00. SAMPUL LENGKAP.docx

Download (64kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.docx

Download (51kB)
[img] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.docx

Download (42kB)
[img] Other
DAFTAR PUSTAKA.dot

Download (43kB)
[img] Text
LAMPIRAN AKHIR.docx

Download (1MB)

Abstract

WIWIK ASTRIA, 2017. Penerapan Media Aplikasi Education Games Berbasis Budaya Lokal dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan pada Anak di PAUD Melati DWP UNM. Skripsi. Dibimbing oleh Herman,S.Pd, M.Pd, dan Dr. Muhammad Akil Musi,S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan media aplikasi Education Games berbasis budaya lokal dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak di PAUD Melati DWP UNM?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media aplikasi Education Games berbasis budaya lokal dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak di PAUD Melati DWP UNM. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 15 peserta didik PAUD Melati DWP UNM. Fokus dalam penelitian ini yaitu penerapan educational games dan kemampuan mengenal bilangan pada anak melalui pengamatan aktivitas mengajar guru dalam menerapkan media aplikasi Education Games berbasis budaya local dan pada aspek peserta didik yaitu mengamati aktivitas belajar peserta didik dan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan metode media aplikasi Education Games berbasis budaya lokal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data hasil observasi dianalisis secara kualitatif, sedangkan hasil belajar peserta didik berupa pemberian tes, dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan media aplikasi Education Games berbasis budaya lokal maka kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelas Tulip kelompok B di PAUD Melati DWP UNM dapat meningkat, baik dari aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar anak, maupun dari hasil tes belajar siswa, dimana pada siklus I kemampuan mengenal konsep bilangan anak berada dalam kategori cukup sedangkan pada siklus II kemampuan mengenal konsep bilangan anak berada dalam kategori baik.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Feb 2023 01:21
Last Modified: 01 Feb 2023 01:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26934

Actions (login required)

View Item View Item