PENGARUH PEMBELAJARAN MOZAIK TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK PADA KELOMPOK B3 DI TAMANKANAK-KANAK PAUD TERPADU TERATAI UNM KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

SITTI KURNIA (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN MOZAIK TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK PADA KELOMPOK B3 DI TAMANKANAK-KANAK PAUD TERPADU TERATAI UNM KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
01.docx

Download (29kB)
[img] Text
02.docx

Download (32kB)
[img] Text
03.rtf

Download (274MB)
[img] Text
04.docx

Download (78kB)
[img] Text
05.docx

Download (47kB)

Abstract

SITTI KURNIA, 2017. Pengaruh pembelajaran Mozaik Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Pada Kelompok B3 Taman Kanak-Kanak Paud Terpadu Teratai UNM Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Azizah Amal,S.S.,M.Pd dan Dra Sri Sofiani, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini, bagaimana gambaran kemampuan motorik halus anak sesudah pembelajaran mozaik dan apakah ada pengaruh pembelajaran mozaik terhadap kemampuan motorik halus anak di kelompok B3 Taman Kanak-kanak Paud terpadu teratai UNM Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan motorik halus anak sebelum dan sesudah pembelajaran mozaik dan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh pembelajaran mozaik terhadap kemampuan motorik halus. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre-Eksperimen. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah peserta didik berjumlah 66 peserta didik di kelompok B3 Taman Kanak-kanak Paud Terpadu Teratai Universitas Negeri Makassar dan sampel yang digunakan adalah kelompok B3 yang berjumlah 15 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel dengan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan dolumentasi. Analisa data yang digunakan uji beda wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan antara sebelum pembelajaran mozaik dan setelah pembelajaran mozaik, melakukan pembelajaran mozaik dengan nilai Z ( 3,35) ≥ Zα/2 (0,08) dengan demikian hipotesis penelitian diterima. Kesimpulannya bahwa ada pengaruh pembelajaran mozaik terhadap kemampuan motorik halus anak di kelompok B3 Taman Kanak-kanak Paud Terpadu Taratai Universitas Negeri Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jan 2023 06:50
Last Modified: 31 Jan 2023 06:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26931

Actions (login required)

View Item View Item