PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUIMETODE BERCERITADENGAN GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK BDI TK AISYIYAH IRANTING PA’BAENG-BAENG CABANG JONGAYA KECAMATAN MAMAJANG KOTA MAKASSAR

YULIANA (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUIMETODE BERCERITADENGAN GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK BDI TK AISYIYAH IRANTING PA’BAENG-BAENG CABANG JONGAYA KECAMATAN MAMAJANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL .docx

Download (1MB)
[img] Text
2. ISI SKRIPSI.docx

Download (92kB)
[img] Text
LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS MENGAJAR GURU.docx

Download (38kB)
[img] Text
RENCAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN.docx

Download (41kB)

Abstract

YULIANA.2017.Penelitiankegiatanberceritadengangambaruntukmeningkatkankemampuanmenyimakpadaanak TK. Aisyiyah I CabangJongaya Kota Makassar.SkripsidibimbingolehAzizahAmal, S.S,.M.PddanSyamsuardi, S.Pd.,M.Pd. Pendidikan Guru PendidikanAnakUsiaDini. FakultasIlmuPendidikan. UniversitasNegeri Makassar. Pelaksanaankegiatanpembelajaranbahasaterutamakemampuanmenyimakmelaluikegiatanberceritapada TK. Aisyiyah I CabangJongaya Kota Makassar belum optimal.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuibagaimanapeningkatankemampuanmenyimakAnakmelaluimetodeberceritadengangambar di TK. Aisyiyah I Ranting Pa’baeng-baengCabangJongayaKota Makassar. Jenispenelitianadalahpeningkatanpembelajaran, yang terdiriatasempattahapyaituperencanaan, pelaksanaankegiatanpenelitian, observasi, dananalisahasilobservasi.Subjekpenelitianadalah 16 orang anakdidikterdiridari 9 orang anakperempuandan 7 orang anaklaki-laki.Pengamatandilakukanterhadapkemampuanmenyimakanakyaitumeliputikemampuananakmenceritakankembaliapa yangdidengar. Kegiatanpenelitiandilakukanselama 5 (lima) kali pertemuan. Pengambilan data dilakukanmelaluiobservasidandokumentasi (pengambilangambardanrekaman).Data yang diperolehdianalisismenggunakananalisisdeskriptif (reduksi data, display data danverifikasi data).Hasilpengembangankegiatanberceritadengangambarmenunjukkanpeningkatankemampuanmenyimakpadaanakdaripertemuanpertamasampaipertemuankelima.Padapertemuankelimaterlihat 3 orang anak yang beradadalamkategorisangatbaik, 7 orang anakberadadalamkategorisedangdan 6 orang anak yang beradapadakategorikurangataubelumberkembangkemampuanmenyimaknya.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Jan 2023 07:10
Last Modified: 27 Jan 2023 07:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26859

Actions (login required)

View Item View Item