PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCAKAP – CAKAP DI TAMAN KANAK-KANAK MADHIYA KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR KOTA MAKASSAR

SITTY HADIJA (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCAKAP – CAKAP DI TAMAN KANAK-KANAK MADHIYA KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1 SAMPUL UNM.rtf

Download (508kB)
[img] Text
2 DAFTAR ISI KATA PENGANTAR.rtf

Download (152kB)
[img] Text
3 BAB I - V.rtf

Download (513kB)
[img] Text
6 DOKUMENTASI FOTO.rtf

Download (91MB)

Abstract

SITTY HADIJA, 2017. Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak melalui Metode Bercakap-cakap di TK Madhiya Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Usulan penelitian, dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd dan Hajerah, S.Pd.I.M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitan Negeri Makassar. Masalah penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui metode bercakap-cakap, tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui metode bercakap-cakap di TK Madhiya Kecamatan Biringanaya Kota Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terselenggara dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari pertemuan pada siklus I dan siklus II yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah menjelaskan kemampuan berbicara anak melalui metode bercakap-cakap. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan anak TK Madhiya Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar yang aktif pada semester ganjil tahun ajaran 2016-2017 berjumlah 17 orang. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang dilakukan dlaam penelitian yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian ini terbukti adanya peningkatan kemampuan berbicara pada anak, anak mampu mendengarkan dan menceritakan kembali cerita secara urut, anak mampu menceritakan pengalaman/kejadian secara sederhana. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode bercakap-cakap dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak di TK Madhiya Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Jan 2023 06:14
Last Modified: 27 Jan 2023 06:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26852

Actions (login required)

View Item View Item