PENINGKATAN KECERDASAN KINESTETIK MELALUI TARI KREASI DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM AL ABRAR KOTA MAKASSAR

MASITA (2023) PENINGKATAN KECERDASAN KINESTETIK MELALUI TARI KREASI DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM AL ABRAR KOTA MAKASSAR.

[img] Text
A. Sampul Skripsi.docx

Download (28kB)
[img] Text
B. Lmbr Pengesahan, Motto, Abstrak, dll.docx

Download (36kB)
[img] Text
C. Bab I-V dan Daftar Pustaka.docx

Download (104kB)
[img] Text
D. Instrumen Guru dan Hasil Observasi Guru.docx

Download (42kB)
[img] Text
E. Hasil Observasi Anak.docx

Download (36kB)
[img] Text
H. Dokumentasi.docx

Download (10MB)

Abstract

Masita, 2017. “Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Tari Kreasi Di TK Islam Al Abrar Kota Makassar”. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd dan Hajerah, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah tari kreasi dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak di Taman Kanak-kanak Islam Al Abrar kota Makassar?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak melalui tari kreasi di Taman Kanak-kanak Islam Al Abrar kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setting penelitian ini adalah Taman Kanak-kanak Islam Al Abrar kota Makassar dan yang menjadi subjek penelitian adalah anak didik kelompok B yang berjumlah 10 orang anak perempuan dan satu orang guru. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui observasi dan dokumentasi. Data penelitian ini merupakan data aktivitas mengajar guru dan aktivitas kegiatan anak tentang peningkatan kecerdasan kinestetik anak. Indikator/instrument dari kecerdasan kinestetik yang akan ditingkatkan yaitu anak mampu mengekspresikan gerakan kaki sesuai dengan irama musik dengan lentur dan anak mampu mengekspresikan diri dalam gerak bervariasi dengan lentur dan lincah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan kegiatan tari kreasi kecerdasan kinestetik anak dapat meningkat di Taman Kanak-kanak Islam Al Abrar kota Makassar, karena guru dalam memberikan pengajaran sudah mengikuti langkah-langkah dalam pengajaran tari secara sempurna. Hasil pengamatan yang dilakukan peneliti terhadap tingkat keserdasan kinestetik anak pada siklus pertama, berdasarkan hasil observasi ada tujuh anak belum berkembang (BB) dan ada tiga anak yang mulai berkembang (MB) karena pada pertemuan ini guru belum sempurna dalam memberi pengajaran tari kreasi. Pada siklus kedua, berdasarkan hasil observasi ada dua anak yang berkembang sesuai harapan (BSH) dan delapan anak yang berkembang sangat baik (BSB) dan tidak ada anak yang belum berkembang (BB) dan mulai berkembang (MB) karena guru sudah melakukan perbaikan dalam langkah-langkah pengajaran tari kreasi. Dari hasil inilah dapat disimpulkan bahwa kegiatan tari kreasi efektif dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik anak di Taman Kanak-kanak Islam Al Abrar kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:46
Last Modified: 27 Jan 2023 02:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26837

Actions (login required)

View Item View Item