PENERAPAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN LEARNING ENGAGEMENT SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 TANASITOLO

Nurfadillah Herikusuma (2023) PENERAPAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN LEARNING ENGAGEMENT SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 TANASITOLO.

[img] Text
Jurnal Nurfadillah Herikusuma 1844041033.pdf

Download (445kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yakni rendahnya learning engagment siswa yang menimbulkan berbagai permasalahan dalam belajar, sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan learning engagement siswa melalui konseling kelompok dengan teknik self management. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) Gambaran learning engagement siswa. 2) Gambaran pelaksanaan konseling dengan teknik self management. 3) Penerapapan teknik self management dapat meningkatkan learning engagement siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan model Quasi Eksperiment. Desain eksperimen nonequlvalent control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 18 siswa dari 32 siswa kelas VII SMPN 4 Tanasitolo yang teridentifikasi mengalami learning engagement rendah dan sampel penelitian sebesar 16 siswa yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 8 siswa. Penarikan sampel dengan teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen skala learning engagement dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis parametrik yaitu uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tingkat learning engagement siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada saat pretest berada pada kategori rendah. Pada saat posttest, siswa kelompok eksperimen berada pada kategori tinggi dan pada kelompok kontrol tetap pada kategori rendah. 2) Pelaksanaan konseling teknik self management dilaksanakan dengan prosedur yang telah di rancang melaui tiga tahapan dan yaitu tahap pertama (pembentukan kelompok dan perkenalan), tahap implemntasi teknik self management, tahap evaluasi dan terminasi, partisipasi siswa berada pada kategori tingi. 3) Terdapat perbedaan learning engagement siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, yang ditandai dengan peningkatan learning engagement pada siswa setelah dilaksanakan teknik self-management dengan nilai sign (2-tailed) 0.000 ≤ 0,005, menunjukkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Artinya layanan konseling kelompok dengan teknik self management dapat meningkatkan learning engagement siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tanasitolo. Kata Kunci: Self Management, Learning Engegement

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:03
Last Modified: 27 Jan 2023 02:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26835

Actions (login required)

View Item View Item