PENERAPAN TEKNIK COGNITIVE DISPUTATION UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM PADA SISWA KELAS XI DI MAN 1 SOPPENG

MINHAD RAHMANIYAH (2023) PENERAPAN TEKNIK COGNITIVE DISPUTATION UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM PADA SISWA KELAS XI DI MAN 1 SOPPENG.

[img] Text
JURNAL_MINHAD RAHMANIYAH_1844040006_BIMBINGAN DAN KONSELING.pdf

Download (460kB)

Abstract

Penelitian ini menelaah penerapan teknik cognitive disputation untuk meningkatkan self esteem siswa. Terkait dengan masalah (self esteem) penghargaan diri yang rendah bersumber dari pikiran dan perasaan yang irasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat self esteem pada siswa, pelaksanaan teknik cognitive disputation untuk meningkatkan self esteem siswa, serta penerapan teknik cognitive disputation dapat meningkatkan self esteem siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif model quasi experimental design dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI yang mengalami self esteem rendah. Penarikan sampel dengan teknik proportionate strafied random sampling dan kelompok penelitian terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol masing�masing berjumlah 7 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen skala self esteem, wawancara, dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Tingkat self esteem siswa saat pretest kelompok eksperimen dan kontrol berada pada kategori rendah. Pada posttest, tingkat self esteem kelompok eksperimen mengalami perubahan kekategori tinggi dan kelompok kontrol pada kategori rendah, 2) Pelaksanaan teknik cognitive disputation dilaksanakan sesuai prosedur melalui tiga tahapan dan lima kali pertemuan yaitu tahap pertama perkenalan dan pembentukan kelompok, tahap kedua mengatasi masalah, tahap ketiga meninjau kemajuan siswa dan evaluasi, 3) Adanya perbedaan tingkat self esteem pada kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan berupa teknik cognitive disputation dan kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan teknik melainkan layanan informasi. Artinya penerapan teknik cognitive disputation dapat meningkatkan self esteem pada siswa kelas XI di MAN 1 Soppeng. Kata Kunci : Cognitive Disputation, Self Esteem

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Jan 2023 01:57
Last Modified: 27 Jan 2023 01:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26834

Actions (login required)

View Item View Item