PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 10 SINJAI

AHMAD AMRAH (2023) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 10 SINJAI.

[img] Text
2JURNALAHMAD AMRAH 1844042018111.pdf

Download (450kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen desigen, karena peneliti ingin membandingkan motivasi belajar siswa setelah dan sebelum diberikan penanganan berupa konseling kelompok dengan teknik Modeling Simbolik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui gambaran motivasi belajar peserta didik yang rendah (2) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan konseling kelompok dengan teknik modeling simbolik untuk mengatasi rendahnya motivasi belajar peserta didik (3) Untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok dengan menggunakan teknik modeling simbolik dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan, populasi penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Sinjai Timur sebanyak 20 responden, terbagi atas 2 kelompok, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data mengguakan wawancara dan angket. Maka diperoleh hasil bahwa (1) Gambaran hasil observasi menunjukkan bahwa terdapat sekitar 45% peserta didik pernah melakukan bolos lebih dari 5 kali. Motivasi belajar peserta didik berada pada kategori rendah. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa peserta didik tersebut memiliki motivasi belajar yang rendah, (2) Pelaksanaan teknik modeling simbolik dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang sudah dirancang melalui lima tahapan dan berjalan sesuai dengan skenario, yakni rasionalisasi kegiatan konseling, tahap perhatian, tahap retensi dan tahap reproduksi, tahap penguatan dan tahap evaluasi, (3) Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik modeling simbolik berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa, yang dimana sebelumnya memilik motivasi belajar yang rendah menjadi meningkat setelah dilakukan treatment metode simbolik peserta didik kelas VIIIA dan kelas VIIIB SMP Negeri 10 Sinjai. Kata Kunci: Media informasi, E-modul layanan orientasi guru BK

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Jan 2023 01:47
Last Modified: 27 Jan 2023 01:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26833

Actions (login required)

View Item View Item