PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN PLASTISIN TEPUNG DI TAMAN KANAK-KANAK AN-NUR BTN ASABRI KECAMATAN MONCONGLOE KABUPATEN MAROS

S A I D A H (2023) PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN PLASTISIN TEPUNG DI TAMAN KANAK-KANAK AN-NUR BTN ASABRI KECAMATAN MONCONGLOE KABUPATEN MAROS.

[img] Text
1 Sampul.docx

Download (53kB)
[img] Text
2. isi SKRIPSI.docx

Download (213kB)
[img] Text
3 Lampiran.docx

Download (2MB)

Abstract

SAIDAH, 2017, Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Plastisin Tepung Di Taman Kanak-Kanak An- Nur BTN Asabri Kecematan Moncongloe Kabupaten Maros. Dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd dan Arifin Manggau, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan pengamatan masih rendahnya kreativitas anak pada kegiatan membuat bentuk sesuatu dari plastisin. Rumusan masalah adalah bagaimana meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan plastisin tepung di taman kanak-kanak An-Nur BTN Asabri Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros?. Adapun tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan plastisin tepung di taman kanak-kanak An-Nur BTN Asabri Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas menggunakan 2 siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian di taman kanak-kanak An-Nur kelas B1 dengan jumlah anak sebanyak 14 anak dan rentang usia antara 5,5 sampai 6 tahun, terdiri dari 8 anak perempuan dan 6 anak laki-laki dengan 1 orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas melalui kegiatan plastisin tepung pada anak didik kelompok B1 di Taman Kanak-kanak An-Nur BTN Asabri Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros dengan empat kali pertemuan kegiatan plastisin tepung. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan plastisin tepung, hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian dimana pada siklus I kreativitas anak dalam membuat bentuk sesuatu dari plastisin dengan lancar dan kemampuan menciptakan bentuk sesuatu dari plastisin yang unik dan menarik masih rendah, hal ini dikarenakan guru dalam melakukan langkah-langkah kegiatan plastisin belum optimal. Akan tetapi pada siklus II anak mampu membuat bentuk sesuatu dari plastisin dengan lancar dan mampu menciptakan bentuk sesuatu yang unik dan menarik dengan sangat baik, karena guru sudah berupaya memperbaiki kekurangan pada siklus I dengan demikian dalam kegiatan membuat bentuk dengan plastisin ini sudah mencapai target yang telah ditentukan dan mengalami peningkatan dalam dua indikator yang telah ditetapkan sehingga kreativitas anak di kelompok B1 Taman Kanak-Kanak An- Nur BTN Asabri Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Jan 2023 08:33
Last Modified: 26 Jan 2023 08:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26829

Actions (login required)

View Item View Item