PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI PENERAPAN BERMAIN KARTU ANGKA DI TAMAN KANAK-KANAK AMANAH KELURAHAN MACEGE KECAMATAN TANETE RIATTANG BARAT KABUPATEN BONE

PARIDA (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI PENERAPAN BERMAIN KARTU ANGKA DI TAMAN KANAK-KANAK AMANAH KELURAHAN MACEGE KECAMATAN TANETE RIATTANG BARAT KABUPATEN BONE.

[img] Text
Sampul dan Pernyataan Keaslian.docx

Download (80kB)
[img] Text
BAB I-III.docx

Download (60kB)
[img] Text
BAB IV HASIL.rtf

Download (45MB)

Abstract

PARIDA. 2017. Skripsi. Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Penerapan Metode Bermain Kartu Angka di Taman Kanak-Kanak Amanah Kelurahan Macege Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Di bimbing oleh Arifin Manggau, S.Pd., M.Pd dan Azizah Amal, S.S., M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Makassar Masalah dalam penelitian bagaimanakah peningkatan kemampuan berhitung anak melalui penerapan metode bermain kartu angka di TK Amanah Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung anak melalui penerapan metode bermain kartu angka di Taman Kanak-Kanak Amanah Kelurahan Macege Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Dengan fokus penelitian kemampuan berhitung dan bermain kartu angka. Dengan indikator kemampuan anak membilang/ menyebutkan urutan bilangan 1-20, menghubungkan/memasangka lambang bilangan dengan angka 1-20. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat di ketahui bahwa peningkatan kemampuan berhitung anak menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I dan II. Melalui penerapan bermain kartu angka. Hal ini ditunjukkan pencapaian indikator. Pada pertemuan pertama dari 15 anak didik yang hadir dalam pelaksanaan pembelajaran 13 anak didik memperoleh kategori baik (●) dan hanya 1 anak yang memperoleh kategori cukup (√). Pada pertemuan kedua 14 anak memperoleh kategori baik (●) dan hanya 1 anak yang memperoleh kategori cukup (√). Anak berada dalam kategori baik pada setiap indikator atau sekitar 11 anak yang harus memperoleh kategori baik dari total anak didik 15 oarang. Berdasarkan data tersebut maka metode bermain kartu angka dapat meningkatkan kemapuan berhitung anak di Taman Kanak-Kanak Amanah Kelurahan Macege Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Jan 2023 08:24
Last Modified: 26 Jan 2023 08:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26827

Actions (login required)

View Item View Item