MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK B TK DARMA WANITA KECAMATAN MANGARA BOMBANG KABUPATEN TAKALAR

Rita (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK B TK DARMA WANITA KECAMATAN MANGARA BOMBANG KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
sampul SKRIPSI.docx

Download (44kB)
[img] Text
belakangnya sampul skripsi.docx

Download (38kB)
[img] Text
bagian isi.docx

Download (152kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1.docx

Download (37kB)
[img] Text
LAMPIRAN 2.docx

Download (21kB)
[img] Text
LAMPIRAN 3.docx

Download (34kB)

Abstract

Rita, 2016, Metode bercerita untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok B TK Darma Wanita Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar. Skripsi dibimbing; Drs. Mufa’adi, M.Si dan Hajerah, S.Pd.I, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya anak mengenal konsep/lambang bilangan pada anak kelompok B TK Darma Wanita Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar. Adapun rumusan masalahnya yaitu Bagaimanakah kemampuan mengenal konsep bilangan melalui metode bercerita untuk meningkatkan kemampuan anak kelompok B TK Darma Wanita Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui metode bercerita pada anak kelompok B TK Darma Wanita Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian PTK yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian adalah metode bercerita dan kemampuan mengenal konsep bilangan. Subjek penelitian adalah guru dan anak kelompok B yang berjumlah 16 anak, 11 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yaitu: (1) observasi, (2) tes, dan (3) dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan proses belajar maupun hasil belajar anak dan aktivitas mengajar guru. Pada aktivitas mengajar guru maupun proses belajar anak dan hasil belajar anak mengalami peningkatan. Pada siklus I aktivitas mengajar guru berada pada kategori cukup menjadi kategori baik pada siklus II. Sedangkan pada aktivitas proses belajar anak pada siklus I berada pada kategori cukup menjadi kategori baik pada siklus II. Kemudian hasil belajar anak pada siklus I berada pada kategori cukup menjadi kategori baik pada siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok B TK Darma Wanita Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:43
Last Modified: 26 Jan 2023 02:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26798

Actions (login required)

View Item View Item