PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN SAINS ANAK DI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK ANGKASA II DAYA KOTA MAKASSAR

DITA ANDRIANI YUNUS (2023) PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN SAINS ANAK DI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK ANGKASA II DAYA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Sampul luar.docx

Download (38kB)
[img] Text
halaman awal.docx

Download (51kB)
[img] Text
bab 1.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB 2.docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB 3.docx

Download (26kB)
[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (23kB)
[img] Text
lampiran 1 - 4.docx

Download (40kB)
[img] Text
lampiran 5 dan 8.docx

Download (22kB)
[img] Text
Riwayat hidup penulis.rtf

Download (2MB)

Abstract

Dita Andriani Yunus. 2016. Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Kemampuan Sains Anak di Kelompok B Taman Kanak-kanak Angkasa II Daya Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Herman, S.Pd., M.Pd. dan Drs. M. Ali Latif Amri, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan sains anak. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran lebih cenderung menggunakan metode ceramah sehingga anak kurang terlibat secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran. Adapun pemilihan metode eksperimen agar anak dapat aktif, bereksplorasi untuk menyimpulkan sendiri apa yang sedang dipelajarinya dengan terlibat langsung dalam proses pembelajaran sains. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan sains anak kelompok B TK Angkasa II sebelum dan setelah diberikan perlakuan berupa metode eksperimen dan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan metode eksperimen terhadap kemampuan sains anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian adalah seluruh anak kelompok B di TK Angkasa II, sedangkan sampel penelitian adalah kelompok B2 berjumlah 14 anak. Teknik Pengumpulan data melalui teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik nonparametrik dengan menggunakan uji beda Wilcoxon. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai rata-rata hasil pretest sebesar 12,6 dan rata-rata hasil posttest sebesar 17,9 dengan nilai T hitung (105) > T tabel (21) dan Z hitung (3,28) > Z tabel (1,645). Jadi H1 diterima artinya ada pengaruh metode eksperimen terhadap kemampuan sains anak kelompok B TK Angkasa II Daya kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Jan 2023 01:27
Last Modified: 26 Jan 2023 01:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26784

Actions (login required)

View Item View Item