MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK DENGAN KEGIATAN SENAM IRAMA CERIA DI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK ANGKASA 3 MANDAI KABUPATEN MAROS

WIRASTINI (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK DENGAN KEGIATAN SENAM IRAMA CERIA DI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK ANGKASA 3 MANDAI KABUPATEN MAROS.

[img] Text
Sampul dan Pernyataan Keaslian.rtf

Download (519kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (97kB)
[img] Text
BAB IV-V.docx

Download (64kB)

Abstract

WIRASTINI. 2016. Skripsi. Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Dengan Kegiatan Senam Irama Ceria Di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Angkasa 3 Mandai Kabupaten Maros. Dibimbing oleh Syamsuardi, S.Pd., M.Pd dan Dr. Muhammad Yusri Bactiar, M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B melalui senam irama di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Angkasa 3 Mandai Maros. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B melalui senam ceria di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Angkasa 3 Mandai Maros. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yakni observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dari awal hingga akhir penelitian. Fokus penelitian adalah motorik kasar adalah kegiatan yang dilakukan anak dengan melibatkan otot besar dalam kegiatan senam yaitu dengan gerkan mengaktak kaki, menggerakkan tangan kepala secara terkoodinasi yang terdiri dari gerakan lokomotor, non lokomotor. Yang menjadi sasaran penelitian adalah 12 anak yang terdiri dari 7 laki dan 4 perempuan dan 1 orang guru data diperoleh observasi, data dianalisis deskriftif untuk menyajikan data yang ada. Dari hasil penelitian peningkatan tersebut terlihat pada dari observasi kondisi awal motorik kasar anak kelompok B dengan indikator kemampuan anak dalam melakukan gerakan mata, tangan, kaki, kepala secara terkoordinasi dalam menirukan berbagai gerakan pada saat observasi berada pada kategori belum muncul (BM), Pada siklus I yang berada pada kategori berkembang sesuai harapan (BSH) yang berada pada kategori berkembang sangat baik (BSB) dan pada siklus II Indikator keberhasilan pada keterampilan ini adalah dari 12 anak didik 9 anak berada pada kategori berkembang sangat baik (BSB) dan 4 anak berada pada kategori berkembang sesuai harapan (BSH) sehingga rata-rata keterampilan motorik kasar kelompok B Taman Kanak-Kanak Angkasa 3 Mandai Maros berada pada kategori berkembang sangat baik (BSB). Semakin rutin latihan keterampilan motorik kasar akan semakin baik.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Jan 2023 02:45
Last Modified: 25 Jan 2023 02:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26754

Actions (login required)

View Item View Item