PENGEMBANGAN KEGIATAN MENGGUNTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK IDHATA CAMBAYA KECAMATAN PALLANGGA KABUPATEN GOWA

SUHARNI. S (2023) PENGEMBANGAN KEGIATAN MENGGUNTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK IDHATA CAMBAYA KECAMATAN PALLANGGA KABUPATEN GOWA.

[img] Text
1. SAMPUL suharni.docx

Download (42kB)
[img] Text
2. BAB I-III - suharni.docx

Download (43kB)

Abstract

Suharni S. 2016. Pengembangan Kegiatan Menggunting untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Kelompok B di Taman Kanak-Kanak IDHATA Cambaya Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Dibimbing oleh Herman dan Azizah Amal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan motorik halus melalui pengembangan kegiatan menggunting dengan berbagai media pada kelompok B di TK Idhata Cambaya Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan pembelajaran yang dilaksanakan dalam 5 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak-anak kelompok B di TK Idhata Cambaya Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa yang berjumlah 15 anak. Penelitian dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Peningkatan keterampilan motorik halus anak pada kelompok B TK IDHATA Cambaya dapat dilihat dari rata-rata keterampilan motorik halus anak pada pertemuan pertama terlihat segi ketepatan berada dalam kategori kurang dan kerapian berada dalam kategori kurang, pada petemuan kedua terlihat segi ketepatan berada dalam kategori kurang dan kerapian berada dalam kategori kurang, pada petemuan ketiga terlihat segi ketepatan berada dalam kategori cukup dan kerapian berada dalam kategori cukup, pada petemuan keempat terlihat segi ketepatan berada dalam kategori baik dan kerapian berada dalam kategori baik, dan pada pada petemuan kelima terlihat segi ketepatan berada dalam kategori baik dan kerapian berada dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa keterampilan motorik halus anak pada kelompok B TK IDHATA Cambaya dapat meningkat dalam kegiatan menggunting dengan berbagai media.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:54
Last Modified: 24 Jan 2023 03:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26736

Actions (login required)

View Item View Item