EKSPLORASI GAYA BELAJAR MAHASISWA DAN KEMAMPUAN MENGKONSEPSI GAMBAR TEKNIK

Muhammad, Rais (2017) EKSPLORASI GAYA BELAJAR MAHASISWA DAN KEMAMPUAN MENGKONSEPSI GAMBAR TEKNIK. Jurnal Media Komunikasi Pendikan Teknologi dan Kejuruan, 7 (2). pp. 61-68. ISSN 2721-7612

[img] Text (Article)
22 Eksplorasi Gaya Belajar Mahasiswa.pdf

Download (596kB)
[img] Text (Turnitin)
22. EKSPLORASI GAYA BELAJAR MAHASISWA DAN KEMAMPUAN MENGKONSEPSI GAMBAR TEKNIK (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text (Peer Review)
17 Jurnal Nasional-Eksplorasi Gaya Belajar Mahasiswa dan Kemampuan.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/mkpk/article/view/5128

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengidentifikasi karaktersitik gaya belajar mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah Gambar Teknik, 2) menguji pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan mengkonsepsi gambar teknik. Desain penelitian adalah pra eksperimen yang dilakukan terhadap 40 orang mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknologi Pertanian angkatan 2016. Instrumen penelitian menggunakan Kolb Learning Style Inventory (KLSI) yang terdiri dari empat dimensi, yaitu gaya belajar diverging, converging, assimilator, dan accommodating. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar mahasiswa terdiri dari 4 (10%) diverging, 12 (30%) converging, 6 (15%) assimilator, dan 18 (45%) accommodating. Dengan demikian, gaya belajar didominasi oleh accommodating dan converging. Penelitian juga menunjukkan bahwa gaya belajar memiliki pengaruh yang signifikan dalam memberikan kemampuan mengkonsepsi gambar teknik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar, Mengkonsepsi Gambar Teknik
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknologi Pertanian
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr Muhammad Rais
Date Deposited: 19 Jan 2023 07:07
Last Modified: 25 Jan 2023 00:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26675

Actions (login required)

View Item View Item