Muhammad, Rais (2017) EKSPLORASI GAYA BELAJAR MAHASISWA DAN KEMAMPUAN MENGKONSEPSI GAMBAR TEKNIK. Jurnal Media Komunikasi Pendikan Teknologi dan Kejuruan, 7 (2). pp. 61-68. ISSN 2721-7612
Text (Article)
22 Eksplorasi Gaya Belajar Mahasiswa.pdf Download (596kB) |
|
Text (Turnitin)
22. EKSPLORASI GAYA BELAJAR MAHASISWA DAN KEMAMPUAN MENGKONSEPSI GAMBAR TEKNIK (1).pdf Download (1MB) |
|
Text (Peer Review)
17 Jurnal Nasional-Eksplorasi Gaya Belajar Mahasiswa dan Kemampuan.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengidentifikasi karaktersitik gaya belajar mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah Gambar Teknik, 2) menguji pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan mengkonsepsi gambar teknik. Desain penelitian adalah pra eksperimen yang dilakukan terhadap 40 orang mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknologi Pertanian angkatan 2016. Instrumen penelitian menggunakan Kolb Learning Style Inventory (KLSI) yang terdiri dari empat dimensi, yaitu gaya belajar diverging, converging, assimilator, dan accommodating. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar mahasiswa terdiri dari 4 (10%) diverging, 12 (30%) converging, 6 (15%) assimilator, dan 18 (45%) accommodating. Dengan demikian, gaya belajar didominasi oleh accommodating dan converging. Penelitian juga menunjukkan bahwa gaya belajar memiliki pengaruh yang signifikan dalam memberikan kemampuan mengkonsepsi gambar teknik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya Belajar, Mengkonsepsi Gambar Teknik |
Subjects: | FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknologi Pertanian |
Divisions: | FAKULTAS TEKNIK |
Depositing User: | Dr Muhammad Rais |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 07:07 |
Last Modified: | 25 Jan 2023 00:16 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26675 |
Actions (login required)
View Item |