Pembelajaran Interaktif Edu-Game Pengenalan Profesi Berbasis Android Pada Siswa PAUD

Muhammad, Rais and Riska, Muhammad (2018) Pembelajaran Interaktif Edu-Game Pengenalan Profesi Berbasis Android Pada Siswa PAUD. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 4 (1). pp. 38-41. ISSN 2477-2518

[img] Text (Article)
10 Pembelajaran Interaktif Edu-Game Profesi_Revisi.pdf

Download (252kB)
[img] Text (Turnitin)
10. Pembelajaran Interaktif Edu-Game Pengenalan Profesi Berbasis Android Pada Siswa Paud.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Peer Review)
9 Jurnal Nasional SINTA-Pembelajaran Interaktif Edu-Game Pengenala.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/JPPK/article/view/3645

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan tahun kedua yang bertujuan untuk menguji kegunaan, ketepatan, dan kelayakan produk aplikasi pembelajaran pengenalan profesi yang interaktif. Subjek uji coba adalah kelompok ahli (media pembelajaran dan pembelajaran PAUD), kelompok pengguna produk (guru PAUD), dan siswa PAUD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk aplikasi termasuk dalam kriteria sangat berguna, sangat layak dan sangat tepat. Artinya substansi dari aplikasi edu-game profesi yang dikembangkan tersebut sudah memenuhi kriteria berguna, layak dan tepat, sehingga dapat digunakan sebagai pilihan media pembelajaran pengenalan bidang profesi pada siswa PAUD. Hasil observasi belajar siswa PAUD selama tahap uji coba pengguna produk, diperoleh informasi yang menunjukkan bahwa siswa PAUD telah dapat: 1) mencari perbedaan berbagai jenis profesi, 2) memainkan permainan puzzle untuk mengenali profesi, dan 3) mengenali profesi melalui pesan audio dan gambar. Dengan demikian produk pembelajaran aplikasi edu-game profesi yang interaktif memenuhi kriteria acceptable (dapat diterima) yaitu berguna, layak, dan tepat, dan karena itu dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pilihan media pembelajaran yang menyenangkan dan menantang bagi siswa PAUD dalam mengenalkan bidang profesi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Interactive Learning; Professional Introduction; Android
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknologi Pertanian
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr Muhammad Rais
Date Deposited: 19 Jan 2023 03:35
Last Modified: 25 Jan 2023 00:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26657

Actions (login required)

View Item View Item