AMALIA SURAYA (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN PUZZLE PADA KELOMPOK B DI PAUD AL-ZAMZAM BULUROKENG KOTA MAKASSAR.
Text
1.sampul ke 2.docx Download (36kB) |
|
Text
3.surat persetujuan pembimbing dan lembar pengesahan.doc Download (47kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.docx Download (41kB) |
|
Text
5.Skripsi.docx Download (155kB) |
|
Text
6.LEMBAR OBSERVASI GURU.docx Download (40kB) |
|
Text
7.lembar observasi anak.docx Download (38kB) |
|
Text
8.DOKUMENTASI HASIL PENELITIAN.docx Download (1MB) |
|
Text
9.RIWAYAT HIDUP.docx Download (5MB) |
Abstract
Amalia Suraya, 2016. Peningkatan kemampuan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Bermain Puzzle Pada Kelompok B Di Paud Al-Zamzam Bulurokeng Kota Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh Syamsuardi selaku pembimbing pertama dan Hajerah selaku pembimbing kedua. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dari penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan bermain puzzle pada kelompok B di Paud Al-Zamzam Bulurokeng Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan bermain puzzle di Kelompok B Paud Al-Zaamzam Bulurokeng Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini mengkaji tentang peningkatan kemampuan Kognitif anak melalui kegiatan bermain puzzle. Setting/objek penelitian yaitu di Paud Al-Zamzam Bulurokeng Kota Makassar, kelompok B dengan jumlah anak didik sebanyak 15 orang dan 1 guru kelas. Pelaksanaan tindakan terdiri dari dua siklus, tiap siklus dilaksanakan melalui tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil pada siklus I peningkatan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan kognitif masih berada pada kategori kurang berkembang karena hanya terdapat 2 anak yang berkembang, dan setelah dilakukan siklus II pada pertemuan ketiga dilaksanakan peningkatan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan bermain puzzle menunjukkan kategori baik dan sudah berkembang, karena telah memenuhi indikator yakni Anak sudah mampu menyusun kepingan puzzle menjadi bentuk utuh (lebih dari 8 keping). Dengan demikian kegiatan bermain puzzle efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan kognitif di Paud Al-Zamzam Bulurokeng Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 05:57 |
Last Modified: | 18 Jan 2023 05:57 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26621 |
Actions (login required)
View Item |