Wirdawati Hamid (2023) PENGEMBANGAN KEGIATAN MEWARNAI GAMBAR DENGAN TEKNIKPOINTILIS UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS DI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA.
Text
WIRDAWATI HAMID.docx Download (75kB) |
|
Text
DATA HASIL I.docx Download (20kB) |
|
Text
DATA HASIL II.docx Download (19kB) |
|
Text
DATA HASIL III.docx Download (20kB) |
|
Text
DATA HASIL IV.docx Download (19kB) |
|
Text
DATA HASIL V.docx Download (19kB) |
|
Text
FOTO PERTEMUAN PERTAMA.docx Download (1MB) |
|
Text
FOTO PERTEMUAN KEDUA.docx Download (359kB) |
|
Text
FOTO PERTEMUAN KETIGA.docx Download (309kB) |
|
Text
FOTO PERTEMUAN KEEMPAT.docx Download (341kB) |
|
Text
FOTO PERTEMUAN KELIMA.docx Download (329kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (60kB) |
Abstract
Wirdawati Hamid Pengembangan Kegiatan Mewarnai Gambar dengan Teknik Pointilis untuk Meningkatkan Motorik Halus di Kelompok B Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Pengembangan pembelajaran dibimbing oleh Herman, S.Pd., M.Pd. dan Azizah Amal, SS., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam pengembangan pembelajaran ini adalah “Bagaimanakah Kegiatan Mewarnai Gambar dengan Teknik Pointilis untuk Meningkatkan Motorik Halus di Kelompok B Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa?”. Tujuan Pengembangan pembelajaran ini yaitu untuk meningkatkan motorik halus melalui kegiatan mewarnai gambar dengan tehnik pointils di Kelompok B Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Subjek dalam pengembangan pembelajaran ini adalah guru dan anak kelompok B sebanyak 15 orang yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara kualitatif melalui tahap penyelidikan, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang dicapai setelah pengembangan kegiatan mewarnai gambar dengan tehnik pointilis menunjukkan peningkatan motorik halus anak. Anak dapat menggerakkan jari tangan untuk kelenturan, kekuatan otot dan koordinasi mata dan tangan yang baik. Sebagai kesimpulan, pengembangan kegiatan mewarnai gambar dengan teknik pointilis dapat meningkatkan motorik halus di Kelompok B Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Karena itu, kegiatan mewarnai gambar dengan tehnik pointilis direkomendasikan untuk dijadikan alternatif tindakan dalam pengembangan pembelajaran untuk meningkatkan motorik halus di Taman Kanak-kanak.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 01:28 |
Last Modified: | 18 Jan 2023 01:28 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26602 |
Actions (login required)
View Item |