PENGEMBANGAN KEGIATAN MENGANYAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK YAPIP MAKASSAR KECAMATAN PALLANGGA KABUPATEN GOWA

ITA TRISUCI HANDAYANI (2023) PENGEMBANGAN KEGIATAN MENGANYAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK YAPIP MAKASSAR KECAMATAN PALLANGGA KABUPATEN GOWA.

[img] Text
1. SAMPUL NEW kak ita.docx

Download (43kB)
[img] Text
2. BAB I-III kak ita.docx

Download (171kB)
[img] Text
4. bab IV kak ita.docx

Download (1MB)

Abstract

Ita Trisuci Handayani. 2016. Pengembangan Kegiatan Menganyam untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Kelompok B di Taman Kanak-Kanak YAPIP Makassar Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Dibimbing oleh Herman dan Azizah Amal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan motorik halus melalui pengembangan kegiatan menganyam pada kelompok B di TK YAPIP Makassar Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan pembelajaran yang dilaksanakan dalam 5 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak-anak kelompok B di TK YAPIP Makassar Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa yang berjumlah 15 anak. Penelitian dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Peningkatan keterampilan motorik halus anak pada kelompok B TK YAPIP Makassar dapat dilihat dari rata-rata keterampilan motorik halus anak setelah diadakan penelitian, tiga aspek kemampuan motorik halus yang dikembangkan mengalami peningkatan, yaitu dalam aspek ketepatan anak memperoleh nilai baik sebanyak 11 orang, pada kategori cukup 3 orang, dan pada kategori kurang sebanyak 1 orang. Pada aspek kerapian yang memperoleh nilai baik sebanyak 10 orang, pada kategori cukup 4 orang, dan pada kategori kurang sebanyak 1 orang. Pada aspek kecepatan yang memperoleh nilai baik sebanyak 9 orang, pada kategori cukup 5 orang, dan pada kategori kurang sebanyak 1 orang dari total populasi 15 anak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa keterampilan motorik halus anak pada kelompok B TK YAPIP Makassar dapat meningkat dalam kegiatan menganyam.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jan 2023 01:53
Last Modified: 17 Jan 2023 01:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26584

Actions (login required)

View Item View Item