PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI METODE BERMAIN MELEMPAR DADU DI TAMAN KANAK KANAK DUA PUTRA 1 KECAMATAN BIRINGKANAYA MAKASSAR

JENNY (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI METODE BERMAIN MELEMPAR DADU DI TAMAN KANAK KANAK DUA PUTRA 1 KECAMATAN BIRINGKANAYA MAKASSAR.

[img] Text
PRAKATA.docx

Download (82kB)
[img] Text
IBU JENNY.docx

Download (226kB)
[img] Spreadsheet
Rekapitulasi.xlsx

Download (262kB)
[img] Spreadsheet
RKH jenny.xlsx

Download (33kB)

Abstract

JENNY, 2016. Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Metode Bermain Melempar Dadu di Taman Kanak – Kanak Dua Putra 1 Kecamatan Biringkanaya Makassar. Laporan Tindakan Penelitian, Dibimbing Oleh Herman, S.Pd, M.Pd. dan Azizah Amal, S.S, M,Pd. Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Dalam penelitian menelaah tentang kemampuan mengenal konsep bilangan melalui metode melempar dadu di Taman Kanak – Kanak Dua Putra 1 Kecamatan Biringkanaya Makassar. Rumusan masalah adalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui metode melempar dadu di Taman Kanak – Kanak Dua Putra 1 Kecamatan Biringkanaya Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan konsep bilangan pada anak melalui metode bermain melempar dadu di Taman Kanak – Kanak Dua Putra 1 Kecamatan Biringkanaya Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terselenggara selama lima kali tindakan / pertemuan, yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini yaitu kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan 1 -10 dan anak mampu menghubungkan / memasangkan lambang bilangan dengan benda 1 - 10. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak Taman Taman Kanak – Kanak Dua Putra 1 Kecamatan Biringkanaya Makassar yang aktif pada semester ganjil tahun ajaran 2015-2016. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini terbukti adanya peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak melalui metode bermain melempar dadu di Taman Kanak – Kanak Dua Putra 1 Kecamatan Biringkanaya Makassar. Hal tersebut dapat dilihat daeri hasil penelitian, setelah dilakukan melalui bermain melempar dadu pada pertemuan I hingga pertemuan ke V. Kesimpulan dalam penelitian yaitu dengan metode bermain melempar dadu dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jan 2023 01:13
Last Modified: 17 Jan 2023 01:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26579

Actions (login required)

View Item View Item