PENGEMBANGAN TEKNIK KOLASE DENGAN MEDIA BIJI - BIJIAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHASILKAN KARYA SENI ANAK KELOMPOK B DI TK.ISLAM AL-FURQANBIRING ERE KABUPATEN PANGKEP

H a l m i a. (2023) PENGEMBANGAN TEKNIK KOLASE DENGAN MEDIA BIJI - BIJIAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHASILKAN KARYA SENI ANAK KELOMPOK B DI TK.ISLAM AL-FURQANBIRING ERE KABUPATEN PANGKEP.

[img] Text
sampul.docx

Download (78kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.doc

Download (207kB)
[img] Text
ISI SKRIPSI.docx

Download (2MB)

Abstract

H a l m i a. 2016. Pengembangan Teknik Kolase dengan media Biji-bijian untuk meningkatan kemampuan menghasil karya seni anak kelompok B Di Tk. Islam Al-Furqan Biring ere Kabupaten Pangkep Dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd, dan Hajerah, S.Pdi, M.Pd, pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana mengembangkan teknik kolase dengan media biji-bijian untuk meningkatkan kemampuan menghasilkan karya seni pada kelompok B di TK. Islam Al-Furqan Biring ere Kecamatan Minasate’ne Kabupaten Pangkep? Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengembangan teknik kolase dengan media biji-bijian dalam meningkatkan kemampuan menghasilkan karya anak pada kelompok B di TK. Islam Al-Furqan Biring ere Kecamatan Minasate’ne Kabupaten Pangkep. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menghasilkan karya seni dengan teknik kolase menggunakan media biji-bijian pada anak kelompok B di TK. Islam Al-Furqan Biring Ere Kabupaten Pangkep. Populasi dalam penelitian ini adalah 10 orang anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Islam Al-Furqan Biring Ere Kabupaten Pangkep. Dan data yang dikumpulkan terdiri atas data lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi anak dan lembar observasi guru. Dan data pengamatan observasi dianlisis secara deskriptif. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan dilakukan dengan dua tahap yaitu tahap pertama sebagai tahap pemberian tes guna mengetahui kemampuan awal anak dalam membuat kolase. Kemudian tahap kedua yaitu pemberian tugas yang berupaya untuk mengetahui kemampuan anak untuk menghasilkan karya seni dengan teknik kolase menggunakan media biji-bijian. Dari tahap pertama penelitian tersebut diperoleh perbandingan tentang kemampuan menghasilkan karya seni anak adalah kategori rendah dan pada tahap berikutnya kemampuan menghasilkan karya seni anak meningkat atau kategori sangat tinggi. Selanjutnya hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa penggunaan media biji-bijian sangat efektif sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan menghasilkan karya seni anak pada kelompok B Taman Kanak-kanak Islam Al-Furqan Biring Ere Kabupaten Pangkep.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Jan 2023 06:26
Last Modified: 11 Jan 2023 06:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26507

Actions (login required)

View Item View Item