Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Melalui Metode Bercerita Di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Atfhal Buntu Randan Kabupaten Enrekang

Nur Amaliah A. (2023) Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Melalui Metode Bercerita Di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Atfhal Buntu Randan Kabupaten Enrekang.

[img] Text
SAMPUL 1& 2.docx

Download (40kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING, PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx

Download (112kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI, MOTTO, ABSTRAK,PRAKATA.docx

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB I,II,III,IV,V, LAMPIRAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
RENCANA KEGIATAN HARIAN.docx

Download (79kB)

Abstract

Nur Amaliah A. Pagayangan, 2015. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Melalui Metode Bercerita Di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Atfhal Buntu Randan Kabupaten Enrekang. Skripsi, Dibimbing oleh Arifin Manggau S.Pd, M.Pd dan Hajerah, S.Pd.I, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya kemampuan bahasa ekspresif anak di kelompok B Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Atfhal Buntu Randan Kabupaten Enrekang. Adapun rumusan masalahnya adalah Bagaimana meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui metode bercerita di kelompok B Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Atfhal Buntu Randan Kabupaten Enrekang. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui metode bercerita di kelompok B Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Atfhal Buntu Randan Kabupaten Enrekang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus penelitian adalah kemampuan bahasa ekspresif anak didik dan metode bercerita. Sasaran penelitian yaitu guru dan anak didik sebanyak 13 yang terdiri dari 3 laki-laki dan 10 anak perempuan di kelompok B Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Atfhal Buntu Randan Kabupaten Enrekang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak didik melalui metode bercerita di kelompok B Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Atfhal Buntu Randan Kabupaten Enrekang. Pada siklus I pertemuan I dikategorikan kurang dan siklus I pertemuan II dikategorikan kurang, pada siklus II pertemuan I dikategori cukup dan siklus II pertemuan II dikategorikan baik, selain itu guru dan aktivitas anak didik juga mengalami peningkatan dikategorikan B. Dapat disimpulkan bahwa Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak melalui Metode Bercerita di kelompok B Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Atfhal Buntu Randan Kabupaten Enrekang meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Jan 2023 06:51
Last Modified: 09 Jan 2023 06:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26457

Actions (login required)

View Item View Item