IMPLEMENTASI MANAJEMEN SISTEM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SMK NEGERI 4 KABUPATEN GOWA

Norpawanti (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN SISTEM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SMK NEGERI 4 KABUPATEN GOWA.

[img] Text
Jurnal Norpawanti Implementasi Manajemen sistem penerimaan peserta didik baru di smk negeri gowa.pdf

Download (425kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Implementasi Manajemen Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru yang meliputi perencanaan PPDB, pengorganisasian, pelaksanaan PPDB dan pengawasan/evaluasi kegiatan penerimaan peserta didik baru di SMK Negeri 4 Kabupaten Gowa. Penlitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan model Miles dan Hubermen. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru/Staf, Panitia PPDB. Pengecekan keabsahan data menggunakan Teknik tringulasi. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Perencanaan PPDB dilakukan setiap awal tahun, perencanaan meliputi perencanaan pembentukan panitia, penetapan daya tampung calon siswa, dan perencanaan sarana dan prasarana. (2) Pengorganisasian penerimaan peserta didik baru berkaitan denga pembentukan panitia PPDB di Sekolah beserta dengan tugas pokok dan fungsi .masing-masing panitia. (3) Pelaksanaan PPDB berbasis online mengikuti petujuk teknis yang ditetapkan oleh Dinas Provinsi Sulawesi Selatan.(4) Pengawasan/Evaluasi PPDB dilakukan oleh kepala sekolah terkait permasalahan yang dialami selama pelaksanaan PPDB berlangsung, dan membuat laporan hasil penerimaan penerimaan peserta didik baru. Kata kunci: Implementasi, Manajemen, Penerimaan Peserta Didik Baru

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Jan 2023 02:04
Last Modified: 04 Jan 2023 02:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26383

Actions (login required)

View Item View Item