PENERAPAN KEGIATAN GERAK DAN LAGU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH MAMAJANG MAKASSAR

A.NUR ASRIANI (2022) PENERAPAN KEGIATAN GERAK DAN LAGU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH MAMAJANG MAKASSAR.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (44kB)
[img] Text
bab 1-5.docx

Download (90kB)
[img] Text
Dokumentasi kegiatan.docx

Download (497kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (49kB)

Abstract

A.NUR ASRIANI, 2014. Penerapan Kegiatan Gerak dan Lagu dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Mamajang Makassar. Skripsi. dibimbing oleh Pembimbing I Dra. Hj. Bulkis Said. M,Si dan Pembimbing II Arifin Manggau. S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan kegiatan gerak dan lagu dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Mamajang Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui kegiatan gerak dan di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Mamajang Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus, setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan anak kelompok B4 sebanyak 15 orang yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara kualitatif guna mendeskripsikan hasil penelitian yang diperoleh. Hasil yang dicapai menunjukkan bahwa pada siklus I kemampuan anak dalam melakukan kegiatan motorik kasar sudah meningkat namun masih perlu latihan dan bimbingan kerena masih terdapat anak yang belum mampu atau masih di bantu oleh guru dalam melakukan gerakan. Pada siklus II menunjukkan bahwa penerapan kegiatan gerak dan lagu meningkatkan kemapuan motorik kasar anak, dimana anak mampu bergerak dengan cepat dalam melakukan perubahan gerakan, mampu mencakup dua atau lebih pola gerakan, mampu menyesuaikan gerakan, dan mampu mempertahakan keseimbangan tubuh saat melakukan gerakan. Sebagai kesimpulan, kegiatan gerak dan lagu dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Mamajang Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Dec 2022 03:58
Last Modified: 22 Dec 2022 03:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26275

Actions (login required)

View Item View Item