MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI KEGIATAN SAINS DI KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK ANDIYA MAKASSAR

EMILIA CHRISTIN (2022) MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI KEGIATAN SAINS DI KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK ANDIYA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL, MOTTO, DKK EMI.doc

Download (78kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING EMI.doc

Download (54kB)
[img] Text
skripsi EMI.doc

Download (573kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (41kB)

Abstract

Emilia Christin. 2014. Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Sains Di Kelompok A Taman Kanak-Kanak Andiya Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Syamsuardi, S.Pd, M.Pd dan Dr. H. Syamsul Bakhri Gaffar, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah tentang “Bagaimana pelaksanaan kegiatan sains dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak di kelompok A Taman Kanak-kanak Andiya Makassar”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak dengan menggunakan kegiatan sains di TK Andiya Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian yang akan diteliti adalah Perkembangan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan sains di Kelompok A TK Andiya Makassar. Dalam Penelitian Tindakan Kelas ini yang menjadi subyek penelitian adalah anak di kelompok A TK Andiya Makassar yang berjumlah 12 dari 23 anak, dan 1 orang guru. Pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II dan setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak berkembang dengan baik melalui kegiatan sains di Taman Kanak-Kanak Andiya Kota Makassar dan memberikan dampak positif. Hal tersebut terbukti saat anak mampu mengungkapkan sebab akibat mengapa sakit gigi, mengapa lapar, dll, mampu menyebutkian dan menceritakan perbedaan dua buah benda, dan mampu mencoba dan menceritakan apa yang terjadi jika warna dicampur.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Dec 2022 03:50
Last Modified: 22 Dec 2022 03:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26274

Actions (login required)

View Item View Item