ANALISIS RENDAHNYA KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DANPENANGANANNYA (STUDY KASUS SISWA KELASX SMAN 5 ENREKANG)

ABD.MU’MIN, (2022) ANALISIS RENDAHNYA KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DANPENANGANANNYA (STUDY KASUS SISWA KELASX SMAN 5 ENREKANG).

[img] Text
J 855_1.pdf

Download (649kB)

Abstract

Penelitian ini menelaah tentang rendahnya kedisiplinan belajar siswa kelas X dan penanganannya di SMAN 5 Enrekang. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran perilaku rendahnya kedisiplin belajar siswa? (2) Apakah faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya perilaku rendahnya kedisiplinan belajar siswa? (3) Bagaimana upanya penanganan perilaku rendahnya kedisiplinan belajar pada siswa ?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui gambaran perilaku kedisiplinan belajar siswa. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor rendahnya kedisiplinan belaja siswa. (3) Untuk mengetahui upaya penanganan perilaku rendahnya kedisiplinan belajar pada siswa. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah satu orang siswa kelas X SMA Negeri 5 Enrekang yang mengalami rendahnya kedisiplinan dalam belajar. Analisis data yang digunakan dengan menggunakan analisis deskriptif dengan teknik trianggulasi . Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) Gambaran perilaku rendahnya kedisiplinan belajar yang ditunjukkan oleh AP meliputi sering membolos, terlambat datang atau masuk dalam kelas, tidak mengerjakan tugas, membuat gaduh dalam kelas, dan hanya mengharapkan tugas dari temannya. (2) Faktor yang menyebabkan timbulnya perilaku rendahnya kedisiplinan belajar pada AP terdiri dari faktor lingkungan, faktor susasana emosional sekolah dan faktor sikap terhadap pelajaran. (3) Teknik self management diberikan kepada seorang peserta didik di SMA Negeri 5 Enrekang yang mengalami rendahnya kedisiplinan belajar untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa diSMA Negeri 5 Enrekang. Kata Kunci: perilaku rendahnya kedisiplinan belajar dan teknik self managemen

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Dec 2022 07:48
Last Modified: 21 Dec 2022 07:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26255

Actions (login required)

View Item View Item