PENERAPAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA DI SMA NEGERI 2 PARE-PARE

MUHAMMAD AAN RIAS MUQHTY AKHSAN (2022) PENERAPAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA DI SMA NEGERI 2 PARE-PARE.

[img] Text
Jurnal Muhammad Aan Rias muqhty Akhsan.pdf

Download (204kB)

Abstract

Muhammad Aan Rias Muqhty Akhsan, 2021. Penerapan teknik restrukturisasi kognitif untuk meningkatkan kepercayaan diri pada siswa di SMA Negeri 2 Parepare. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. H. Abdullah Sinring, M.Pd dan Drs.Muhammad Anas, M.Si; Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah perepan teknik restrukturisasi kognitif untuk meningkatkan kepercayaan diri pada siswa di SMA Negeri 2 Pare-pare. Masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana gambaran kepercayaan diri pada siswa di SMA Negeri 2 Pare-pare?, (2) Bagaimana prosedur penerapan teknik restrukturisasi kognitif dalam meningkatkan kepercayaan diri pada siswa di SMA Negeri 2 Pare-pare?, (3) Apakah penerapan teknik restrukturisasi kognitif dapat meningkatkan kepercayaan diri di SMA Negeri 2 Pare-pare?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui gambaran kepercayaan diri pada siswa di SMA Negeri 2 Pare-pare, (2) Untuk mengetahui gambaran prosedur penerapan teknik restrukturisasi kognitif dalam meningkatkan kepercayaan diri pada siswa di SMA Negeri 2 Pare-pare, (3)Untuk mengetahui keefektifan teknik restrukturisasi kognitif dalam meningkatkan kepercayaan diri pada siswa di SMA Negeri 2 Pare-pare. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Eksperimental dengan model quasi eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA dan X IPS SMA Negeri 2 Pare-pare sebanyak 48 siswa pada tahun ajaran 2020/2021. Sampel penelitian sebanyak 16 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Skala kepercayaan diri dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Jadi hasil penelitian menunjukkan bahwa: : (1) Pelaksanaan Teknik Restrukturisasi kognitif terdiri dari 6 tahap yaitu, Rasional tujuan dan tinjauan singkat prosedur, Analisis terhadap pikiran konseli, Pengenalan dan latihan coping thought (CT), Pindah dari pikiran- pikran negatif ke coping thought (CT), pengenalan dan latihan pengutan positif, dan Tugas rumah dan tindak lanjut, (2) Tingkat kepercayaan diri siswa sebelum diberikan Teknik Restrukturisasi kognitif berada pada kategori rendah, (3) Penerapan Teknik restrukturisasi kognitif dapat meningkatkan kepercayaan diri di SMA Negeri 2 Pare-pare. Kata kunci : Teknik Restrukturisasi Kognitif, Kepercayaan Diri

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Dec 2022 07:24
Last Modified: 21 Dec 2022 07:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26252

Actions (login required)

View Item View Item