PENGEMBANGAN E-MODUL LAYANAN ORIENTASI GURU BK BAGI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 32 MAKASSAR

Rovida Nurhusna Abinsair (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL LAYANAN ORIENTASI GURU BK BAGI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 32 MAKASSAR.

[img] Text
Rovida Nurhusna Abinsair_1844042042_Artikel Ilmiah.pdf

Download (660kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan e-modul layanan orientasi guru BK bagi peserta didik yang dilatarbelakangi oleh banyaknya perspektif negatif tentang guru BK, dan kurangnya pemahanaman siswa meng enai guru BK hal ini karena kuragnya media informasi mengenai guru BK yang dapat diperoleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui gambaran tingkat kebutuhan E-Modul layanan orientasi guru BK bagi peserta didik (2) Untuk mengetahui model hipotetik e-modul layanan orientasi guru BK bagi peserta didik (3) Untuk mengetahui hasil uji validitas dan uji praktisi e�modul layanan orientasi guru BK bagi peserta didik. Penelitian ini menggunakan model penelitian dari Borg and Gall yang dimodifikasi oleh peneliti dari 10 tahap menjadi 7 tahap pengembangan, populasi penelitian adalah siswa SMP Negeri 32 Makassar sebanyak 40 responden sedangkan 10 responden untuk uji kelompok kecil. Teknik pengumpulan data mengguakan wawancara dan angket. Maka diperoleh hasil bahwa (1) hasil persentase angket yaitu sebesar 84% yang didukung oleh hasil wawancara yang menunjukkan bahwa pemahaman mengenai guru BK masih kurang juga masih terdapatnya perspektif negatif peserta didik terhadap guru BK serta kurangnya informasi tentang guru BK pada peserta didik dan tidak adanya media maupun layanan yang dapat memberikan informasi mengenai guru BK terhadap peserta didik, (2) E-modul layanan orientasi guru BK bagi peserta didik yang dikembangkan terdiri dari 21 halaman yang terdiri dari 5 pokok bahasan tentang guru BK (3) setelah melalui tahapan uji validasi oleh ahli dan menunjukkan bahwa media yang dibuat telah valid untuk di uji cobakan dengan revisi kecil, dan setelah di uji cobakan pada guru BK SMP Negeri 32 Makassar sebagai uji praktisi dan 10 responden untuk uji coba lapangan maka diperoleh hasil dengan presentase 97,5%. model akhir dari e-modul layanan orientasi guru BK bagi peserta didik tetap berisi 21 halaman dengan 5 pokok bahasan karena setelah melakukan uji kelompok kecil peneliti sudah tidak melakukan revisi II karena media yang dikembangkan sudah valid. Sehingga media yang dikembangkan yaitu E-modul Layanan Orientasi guru BK bagi peserta didik sudah layak untuk di uji cobakan secara luas dan dijadikan sebagai media bimbingan dan konseling di sekolah. Kata Kunci: Media informasi, E-modul layanan orientasi guru BK

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Dec 2022 07:17
Last Modified: 21 Dec 2022 07:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26251

Actions (login required)

View Item View Item