PENERAPAN TEKNIK TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DISMP NEGERI 1 SOPAI TORAJA UTARA

Fadila Imanuela (2022) PENERAPAN TEKNIK TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DISMP NEGERI 1 SOPAI TORAJA UTARA.

[img] Text
JURNAL FADILA IMANUELA.pdf

Download (748kB)

Abstract

Fadila Imanuela, 2022. Penerapan Teknik Token Economy untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMP Negeri 1 Sopai, Toraja Utara. Skripsi, dibimbing oleh Dr. H. Abdullah Pandang, M.Pd dan Prof. Dr. H. Syamsul Bachri Thalib, M.Si. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makssar. Penelitian ini menelaah Penerapan Teknik Token Economy untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 1 Sopai, Toraja Utara. Masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana gambaran kedisiplinan siswa di SMP Negeri 1 Sopai, Toraja Utara? (2) Bagaimana gambaran pelaksanaan teknik Token Economy untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 1 Sopai, Toraja Utara? (3) Apakah penerapan teknik Token Economy dapat meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 1 Sopai, Toraja Utara? Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui gambaran kedisiplinan siswa di SMP Negeri 1 Sopai, Toraja Utara (2) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan teknik Token Economy dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 1 Sopai, Toraja Utara (3) Untuk mengetahui penerapan teknik Teoken Economy dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 1 Sopai, Toraja Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen Single Subject Research. Subjek penelitian ini dua orang siswa dengan inisial VR dan MPS. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Tingkat Ketidakdisiplinan siswa (subjek VR dan MPS) SMPN 1 Sopai Toraja Utara, sebelum diberikan perlakuan sangat tinggi berdasarkan hasil analisis dalam Baseline 1 (A1) (Sebelum diberikan perlakuan) (2) Penerapan teknik token economy dilakukan sesuai skenario dengan 4 kali pertemuan. Pada sesi pertama pengukuran pada kondisi intervensi B, subjek VR dan MPS mengalami perubahan ketidakdisiplinan dibandingkan sesi sebelumnya dan terus mengalami peningkatan kedisiplinan hingga sesi terakhir (3) Penerapan teknik token economy dapat meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 1 Sopai, Toraja Utara. Kata Kunci : Teknik Token Economy, Kedisiplinan Siswa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Dec 2022 07:07
Last Modified: 21 Dec 2022 07:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26250

Actions (login required)

View Item View Item