PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI DI TAMAN KANAK-KANAK KARTIKA JAYA XX-40 PAREPARE

NELLI DIANA (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI DI TAMAN KANAK-KANAK KARTIKA JAYA XX-40 PAREPARE.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.doc

Download (194kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (85kB)
[img] Text
KISI-KISI INSTRUMEN.docx

Download (49kB)
[img] Text
NELLI DIANA.docx

Download (156kB)
[img] Text
RENCANA KEGIATAN HARIAN.docx

Download (36kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PENELITIA1.docx

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (97kB)

Abstract

NELLI DIANA, 2014. Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Penggunaan Media Gambar Berseri Di Taman Kanak-Kanak Kartika Jaya XX-40 Parepare. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Azizah Amal, S.S, M.Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan media gambar berseri dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak di taman kanak-kanak Kartika Jaya XX-40 Parepare?, Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana penggunaan media gambar berseri dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak di taman kanak-kanak Kartika Jaya XX-40 Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Tindakan Kelas. Lokasi penelitian ini di Taman Kanak-Kanak Kartika Jaya XX-40 Parepare. Subjek penelitian ini adalah kelompok B sebanyak 10 orang dan 1 orang guru. Pengumpulan data dengan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan media gambar berseri di Taman Kanak-Kanak Kartika Jaya XX-40 Parepare dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak. Pada siklus I masih terdapat kekurangan-kekurangan, dimana kekurangan tersebut berasal dari guru dan anak. Diantaranya pada saat penggunaan media gambar berseri guru tidak mengatur dan mengkondisikan tempat duduk anak yang nyaman dan tidak membicarakan gambar satu demi satu dan mencari hubungan antara gambar-gambar. Sedangkan kekurangan dari anak yaitu tidak memperhatikan pelajaran guru, anak banyak bermain sendiri dan cepat bosan. Pada siklus II peningkatan kemampuan berbicara anak sudah mengalami perkembangan , dimana kekurangan-kekurangan yang terjadi pada siklus I sudah dapat diperbaiki dan dari 10 orang anak yang diteliti pada siklus II tidak ada lagi anak yang memperoleh nilai kategori kurang. Dengan demikian kemampuan berbicara anak melalui penggunaan media gambar berseri di Taman Kanak-Kanak Kartika Jaya XX-40 Parepare dapat meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Dec 2022 05:57
Last Modified: 21 Dec 2022 05:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26244

Actions (login required)

View Item View Item