PENERAPAN METODE SANDIWARA BONEKA DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF PADA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK AL-AQSHA KOTA PAREPARE

RAHMAH (2022) PENERAPAN METODE SANDIWARA BONEKA DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF PADA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK AL-AQSHA KOTA PAREPARE.

[img] Text
ABSTRAK 5 RAHMA.docx

Download (100kB)
[img] Text
SKRIPSI RAHMA ALAKSA 6.docx

Download (155kB)

Abstract

RAHMA, 2014. “Penerapan Metode Sandiwara Boneka Dalam Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-kanak Al-Aqsha Kota Parepare” Skripsi dibimbing oleh Dra, Sri Sofiani,M.Pd dan Azizah Amal,S.S,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan metode sandiwara boneka dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif pada anak di Taman Kanak-kanak Al-Aqsha Kota Parepare?.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode sandiwara boneka dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif pada anak di Taman Kanak-kanak Al-Aqsha Kota Parepare. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah kemampuan bahasa ekspresif dan metode sandiwara boneka. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan bahasa ekspresif melalui metode sandiwara boneka di Taman Kanak-kanak Al-Aqshari Kota Parepare. Peningkatan dapat dilihat dari setiap siklus pembelajaran, siklus I mengajar guru kategori cukup dan belajar anak kategori cukup dan pada siklus II kemampuan mengajar guru dan belajar anak meningkat menjadi kategori baik sehingga dapat disimpulkan kemampuan bahasa ekspresif melalui penerapan metode sandiwara boneka di Taman Kanak-kanak Al-Aqsha kota parepare meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Dec 2022 05:53
Last Modified: 21 Dec 2022 05:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26243

Actions (login required)

View Item View Item