PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL ANAK DENGAN MENGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI TAMAN KANAK – KANAK AL – AQSHA PERUMNAS KOTA PAREPARE

S U A R N I (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL ANAK DENGAN MENGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI TAMAN KANAK – KANAK AL – AQSHA PERUMNAS KOTA PAREPARE.

[img] Text
judul skripsi.docx

Download (39kB)
[img] Text
S K R I P S I MEMBACA AWAL.docx

Download (2MB)
[img] Text
RENCANA KEGIATAN HARIAN.docx

Download (40kB)

Abstract

SUARNI, 2014 Peningkatan Kemampuan Membaca Awal Anak dengan Menggunakan Media Gambar di Taman Kanak – Kanak Al – Aqsha Perumnas Kota Parepare, Skripsi di Bimbing oleh Dra, Sri Sofiani, M.Pd, Pembimbing I dan Azizah Amal, S.S,M.Pd,.Pembimbing II. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam Penelitian ini adalah Bagaimana Peningkatan Kemampuan Membaca Awal Anak dengan menggunakan Media Gambar pada Anak Kelompok B TK Al – Aqsha Perumnas Kelurahan Galung Maloang Kecamatan Bacukiki Kota Parepare?.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca awal anak dengan menggunakan media gambar di Taman Kanak – Kanak Al – Aqsha Perumnas Kota Parepare, Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Indikator penelitian adalah 1). Mengelompokkan kata – kata sejenis. 2). Menirukan kembali 4 – 5 kata. 3). Membedakan kata – kata yang mempunyai suku kata awal yang sama. Sasaran dan sekaligus menjadi subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B Tk Al – Aqsha Perumnas Kota Parepare, sebanyak 15 orang yang di tangani oleh 1 orang guru. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi.. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas terhadap anak didik Taman Kanak – Kanak Al – Aqsha dengan 2 siklus ternyata membawa hasil yang memuaskan bagi peneliti dan guru. Kesimpulan hasil penelitian yaitu terjadi peningkatan kemampuan membaca awal anak. Pada siklus I observasi dilakukan terhadap pelaksanaan tindakan dengan menggunakan lembar observasi tentang tingkat kemampuan dan keterlibatan anak dan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca awal anak di kelompok B Tk Al – Aqsha Perumnas Kota Parepare. Siklus II pada tahap ini tim observasi dan guru berusaha untuk mengetahui kemampuan anak didik dalam pembelajaran yang telah dilaksanakan, dan terjadi peningkatan kemampuan membaca awal anak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Dec 2022 03:36
Last Modified: 21 Dec 2022 03:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26236

Actions (login required)

View Item View Item