PENGGUNAAN METODE BERMAIN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN PERILAKU SOSIAL ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA BARANTI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

MASRIANI JUSUF (2022) PENGGUNAAN METODE BERMAIN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN PERILAKU SOSIAL ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA BARANTI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG.

[img] Text
Judul...Kak Masriani Jusuf.docx

Download (118kB)
[img] Text
Skripsi...... PTK Masriani Jusuf.docx

Download (135kB)
[img] Text
Lampiran PTK Hj.Masriani.docx

Download (28kB)

Abstract

Masriani Jusuf 2014. Penggunaan Metode Bermain Kelompok Dalam Meningkatkan Perilaku Sosial Anak Di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang. Skripsi. Dibimbing oleh Arifin Manggau,S.Pd, M.Pd, Dra. Sri Sofiani, M.Pd sebagai Pembimbing I dan II Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makasar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan metode bermain kelompok dalam meningkatkan perilaku sosial anak di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang. Tujuan penelitian untuk mengetahui penggunaan metode bermain kelompok dalam meningkatkan perilaku sosial anak di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Setting penelitian adalah anak didik Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang dan subjek penelitian adalah Kelompok B1 yang berjumlah 12 orang dengan 1 orang guru. Prosedur dan desain pelaksanaan penelitian dilaksanakan melalui perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi kegiatan dilakukan melalui dua siklus. Data dikumpulkan melalui melalui teknik observasi dan dokumentasi. Data tentang peningkatan kemampuan perilaku sosial anak yang diperoleh melalui observasi yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian siklus I menunjukkan hasil yang belum optimal dikarenakan masih banyak anak yang masuk dalam kategori kurang mampu dan siklus II menunjukkan peningkatan yang meningkat dalam penggunaan metode bermain kelompok dapat meningkatkan perilaku sosial anak di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Baranti setelah diterapkan penelitian tindakan kelas secara berulang-ulang pada siklus I dan siklus II sehingga perilaku sosial anak mengalami peningkatan dalam bekerja sama dengan teman, mampu berbagi dengan teman dan mampu mengikuti aturan permainan yang ada dalam bermain balok, bermain plastisin bermain bak pasir dan bermain leggo di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Baranti.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Dec 2022 01:16
Last Modified: 21 Dec 2022 01:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26216

Actions (login required)

View Item View Item