PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU SOSIAL ANAK PADA TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH 3 KOTA PAREPARE

A T I (2022) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU SOSIAL ANAK PADA TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH 3 KOTA PAREPARE.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (102kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN.doc

Download (193kB)
[img] Text
SKRIPSI KUALITATIF.docx

Download (74kB)
[img] Text
KISI-KISI.docx

Download (39kB)
[img] Text
RKH.docx

Download (30kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.docx

Download (261kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDU1.docx

Download (45kB)

Abstract

A T I, 2014. Penerapan Metode Bermain Peran dalam Mengembangkan Perilaku Sosial Anak pada Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 3 Kota Parepare. Skripsi dibimbing oleh Dra. Istiyani Idrus, M.Si dan Herman, S.Pd, M.Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Penerapan Metode Bermain Peran dalam Mengembangkan Perilaku Sosial Anak pada Taman Kanak-kanak Aisyiyah 3 Kota Parepare?, Tujuan penelitian untuk mengetahui Penerapan Metode Bermain Peran dalam Mengembangkan Perilaku Sosial Anak pada Taman Kanak-kanak Aisyiyah 3 Kota Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini di Kanak-Kanak Aisyiyah 3 Kota Parepare. Unit analisis adalah kelompok B sebanyak 10 orang dan 1 orang guru. Pengumpulan data dengan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan metode bermain peran perilaku sosial anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 3 Kota Parepare dapat dikembangkan dalam hal bekerjasama dan mau bermain dengan teman. Dengan bermain peran anak dapat bekerjasama dengan teman, anak menyadari tugasnya masing-masing dan bisa bersosialisasi dengan temannya dan melalui bermain peran pula anak mau bermain dengan teman, anak merasa senang bermain bersama dan bisa bersosialisasi dengan temannya. Berdasarkan penelitian ini, maka jelas bahwa bermain peran dapat mengembangkan perilaku sosial anak. Dengan berkembangnya perilaku sosial, anak diharapkan dapat bersosialisasi dengan orang-orang disekitarnya baik di sekolah, maupun di lingkungan luar sekolah.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Dec 2022 01:11
Last Modified: 21 Dec 2022 01:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26215

Actions (login required)

View Item View Item