Deskripsi Pengaruh Model Pembelajaran Think-Pair-Share Terhadap Self-efficacy Matematis Siswa

Andi Nurul, Fitriani and Usman, Mulbar and Rusli, Rusli (2021) Deskripsi Pengaruh Model Pembelajaran Think-Pair-Share Terhadap Self-efficacy Matematis Siswa. Issues in Mathematics Education, 5 (1).

[img] Text
Vol 5, No 1 (2021) Fitriani.pdf

Download (261kB)
[img] Text
#19909 Review.pdf

Download (720kB)
[img] Text
Deskripsi Pengaruh Model Pembelajaran Think-Pair-Share Terhadap Self-efficacy Matematis Siswa.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Peer Review Think Pair Self Efficacy IMED.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi pengaruh model pembelajaran think-pairshare terhadap self-efficacy matematis siswa. Pengambilan subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS di salah satu SMA di Makassar. Pengambilan subjek dilakukan dengan memberikan tes angket kepada siswa kelas X IPS 3 yang kemudian dari hasil tersebut dipilih 6 subjek penelitian berdasarkan kategori yang ada. Instrumen yang digunakan adalah angket self-efficacy yang memuat 21 butir soal yang bersesuaian dengan dimensi-dimensi self-efficacy dan RPP yang bersesuaian dengan sintaks model pembelajaran think-pair-share. Hasil penelitian menunjukkan self-efficacy subjek kategori tinggi berpengaruh baik. Hal tersebut dikarenakan kedua subjek telah memiliki nilai dimensi strength, level, dan magnitude yang cukup tinggi. Untuk self-efficacy subjek kategori sedang, setelah pemberian soal yang tidak terlalu sulit pada pertemuan awal dan proses diskusi yang berbeda, mampu mempengarhi dimensi level mereka. Sedangkan untuk self-efficacy rendah, karena motivasi yang diberikan guru dan keberhasilan temannya, dimensi strenght dan level mengalami perubahan yang cukup signifikan . Namun,karena kedua subjek cenderung memiliki sifat ketidakmampuan untuk menyampaikan pendapat walaupun telah menyelesaikan tugas, sehingga dimensi generalitnya tidak mengalami perubahan yang signifikan. Hasil dari penelitian ini memberikan informasi tentang pengaruh selfefficacy siswa selama proses pembelajaran sehingga dalam proses pembelajaran, guru dapat membantu siswa memahami pelajaran sesuai dengan self-efficacy mereka

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Ansari Saleh Ahmar
Date Deposited: 20 Dec 2022 03:55
Last Modified: 20 Dec 2022 03:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26201

Actions (login required)

View Item View Item