HATIJAH (2022) DESKRIPSI PERILAKU EMOSI ANAK MELALUI KEGIATAN MENDONGENG DI TAMAN KANAK-KANAK SATU ATAP SDN 27 KABUPATEN PINRANG.
Text
SAMPUL.docx Download (157kB) |
|
Text
HALAMAN DEPAN.doc Download (193kB) |
|
Text
SKRIPSI.docx Download (81kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAK1.docx Download (13kB) |
|
Text
KISI.docx Download (21kB) |
|
Text
DOKUMENTASI PENELITIA1.docx Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDU1.docx Download (52kB) |
Abstract
HATIJAH, 2014. Deskripsi Perilaku Emosi Anak Melalui Kegiatan Mendongeng di Taman Kanak-Kanak Satu Atap SDN 27 Kabupaten Pinrang. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Azizah Amal, S.S, M.Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah perilaku emosi anak yang kurang baik di Taman Kanak-Kanak Satu Atap SDN 27 Kabupaten Pinrang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan dongeng dalam mengembangkan perilaku emosi anak di Taman Kanak-Kanak Satu Atap SDN 27 Kabupaten Pinrang ?. Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan dongeng dalam mengembangkan perilaku emosi anak di Taman Kanak-Kanak Satu Atap SDN 27 Kabupaten Pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di Taman Kanak-Kanak Satu Atap SDN 27 Kabupaten Pinrang. Unit analisis penelitian ini adalah kelompok B sebanyak 10 orang dan 1 orang guru. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mendeskripsikan perilaku emosi pada anak di Taman Kanak-Kanak Satu Atap SDN 27 Kabupaten Pinrang strategi guru menerapkan kegiatan mendongeng yang dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan dengan jenis kegiatan : Mendongeng “Si Kancil dan Siput”, Mendongeng “Semut dan Merpati”, dan Mendongeng “Semut dan Kepompong”. Adapun perilaku emosi anak yang ingin dilihat yaitu perasaan gembira, rasa ingin tahu dan perasaan riang. Melalui kegiatan mendongeng yang diterapkan oleh guru anak terlihat gembira, memiliki rasa ingin tahu dan merasa riang.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 02:27 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 02:27 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26190 |
Actions (login required)
View Item |