PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR DI RAUDHATUL ATHFAL HAFIDZIYAH KOTA PAREPARE

SURYANI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR DI RAUDHATUL ATHFAL HAFIDZIYAH KOTA PAREPARE.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI SURYANI.docx

Download (27kB)
[img] Text
LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI SURYANI.docx

Download (70kB)
[img] Text
Isi Skripsi.docx

Download (102kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP SURYANI SKRIPSI.docx

Download (1MB)

Abstract

Suryani, 2014, Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menggambar di Raudhatul Athfal Hafidziyah Kota Parepare. Skripsi. Dibimbing oleh Rusmayadi, S. Pd,. M. Pd. dan Hajerah, S. Pd.I., M. Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menggambar di Raudhatul Athfal Hafidziyah Kota Parepare. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menggambar di Raudhatul Athfal Kota Parepare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menggambar di Raudhatul Athfal Kota Parepare. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Fokus penelitian adalah bagamana meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menggambar di Raudhatul Athfal Kota Parepare. Sasaran dan sekaligus menjadi subjek penelitian adalah anak didik di kelompok B sebanyak 10 anak dan satu orang guru. Prosedur penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 2 siklus, dimana siklus I dilaksanakan 3 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan dokumentasi guna mengumpulkan data-data yang dibutuhkan untuk melihat peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menggambar pada setiap siklus dan dianalisis dengan mengidentifikasi indikator yang telah dicapai oleh masing-masing anak berdasarkan hasil observasi dari setiap pertemuan. Hasil penelitian yang diperoleh melalui kegiatan menggambar yang dilakukan oleh guru dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak dalam hal kemampuan menggerakkan otot-otot jari tangan dalam hal menggambar bebas dari bentuk dasar segiempat dan lingkaran, kemampuan menggerakkan pergelangan tangan dalam hal menggambar bebas dengan menggunakan pensil, kemampuan mengkoordinasikan antara mata dan tangan dalam hal menggambar orang dengan lengkap. Kesimpulan hasil penelitian yaitu terjadi peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menggambar di Raudhatul Athfal Kota Parepare.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Dec 2022 02:07
Last Modified: 20 Dec 2022 02:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26189

Actions (login required)

View Item View Item