PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DENGAN KEGIATAN MENGELOMPOKKAN BENDA MELALUI PENGGUNAANMEDIA BAHAN ALAM DI TAMAN KANAK-KANAKBHAYANGKARI PANAIKANG KOTA MAKASSAR

YUSRIANA (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DENGAN KEGIATAN MENGELOMPOKKAN BENDA MELALUI PENGGUNAANMEDIA BAHAN ALAM DI TAMAN KANAK-KANAKBHAYANGKARI PANAIKANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Yusriana.doc

Download (3MB)
[img] Text
Instrumen & RKH.docx

Download (55kB)

Abstract

Yusriana, 2014. Skripsi. Peningkatan Kemampuan Kognitif dengan Kegiatan Mengelompokkan Benda Melalui Penggunaan Media Bahan Alam Di Taman Kanak-Kanak Bhayangkari Panaikang Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. H. Muhammad Anas, M.Si dan Arifin Manggau, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah “Kemampuan kognitif anak dengan kegiatan mengelompokkan benda masih kurang”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengelompokkan benda anak melalui penggunaan media bahan alam di taman kanak-kanak bhayangkari panaikang kota makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri atas empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah kemampuan kognitif dengan kegiatan mengelompokkan benda anak dan penggunaan media bahan alam. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus diadakan dalam dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru serta anak kelompok B4 yang terdiri atas sebelas anak didik yaitu enam anak laki-laki dan lima anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif melalui tahap penyelidikan, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang dicapai setelah penggunaan media bahan alam ini yakni, peningkatan kemampuan kognitif dengan kegiatan mengelompokkan benda pada anak kelompok Taman Kanak-Kanak Bhayangkari Panaikang Kota Makassar meningkat melalui penggunaan media bahan alam. Hal ini dapat dilihat pada siklus I pada awal-awal pertemuan ketertarikan anak masih kurang dan guru pun masih kurang pula dalam melaksanakan langkah-langkah pembelajaran lingkungan alam sekitar ini. Namun pada siklus II anak sudah baik dalam melaksanakan kegiatan ini dan guru pun sudah baik pula dalam melaksanakan langkah-langkah penggunaan media bahan alam ini. Begitupun dengan pencapaian indikator mengelompokkan benda mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II yang dimana indikatornya yaitu Mengelompokkan benda dengan berbagai cara menurut ciri-ciri tertentu. Yakni; menurut warna, bentuk, ukuran, jenis, dll. Karena itu, media bahan alam direkomendasikan untuk dijadikan alternatif tindakan dalam meningkatkan kemampuan mengelompokkan di Taman Kanak-Kanak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Dec 2022 01:31
Last Modified: 20 Dec 2022 01:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26185

Actions (login required)

View Item View Item