MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK MELALUI KEGIATAN MENARI DI TAMAN KANAK-KANAK PAUD PANRE TANRARA KECAMATAN BONTONOMPO SELATAN KABUPATEN GOWA

ERNIYATI (2022) MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK MELALUI KEGIATAN MENARI DI TAMAN KANAK-KANAK PAUD PANRE TANRARA KECAMATAN BONTONOMPO SELATAN KABUPATEN GOWA.

[img] Text
judul.docx

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR IS1.docx

Download (81kB)
[img] Text
skripsi.docx

Download (109kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (59kB)

Abstract

Erniyati, 2014. “Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Kegiatan Menari di Taman Kanak-Kanak Paud Panre Tanrara Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa”. Skripsi dibimbing oleh Arifin Manggau, S.Pd., M.Pd dan Dra. Hj. Bulkis Said, M.Si, masing-masing sebagai pembimbing I dan II pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kaitan penerapan kegiatan menari dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan menari dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik anak di Taman Kanak-kanak Paud Panre Tanrara. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi (pengamatan) dan refleksi. Subjek penelitian adalah seorang guru dan sepuluh anak kelompok B Taman Kanak-kanak Paud Panre Tanrara. Data penelitian ini merupakan data aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar anak tentang peningkatkan kecerdasan kinestetik anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan kegiatan menari kecerdasan kinestetik anak dapat meningkat di Taman Kanak-kanak Paud Panre Tanrara Tahun Ajaran 2013/2014 hal ini terlihat dari pengamatan yang dilakukan peneliti terhadap peningkatan kecerdasan kinestetik anak dari siklus I. Berdasarkan hasil observasi peningkatan kecerdasan kinestetik anak mengalami peningkatan. Siklus I, Berkembang Sangat Baik (BSB) 5 anak, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 2 anak, Mulai Berkembang (MB) 3 anak dan Belum Berkembang (BB) tidak ada. Pada siklus II, Berkembang Sangat Baik (BSB) 8 anak, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 2 anak, Mulai Berkembang (MB) tidak ada dan Belum Berkembang (BB) tidak ada. Dari hasil tersebut peneliti menyimpulkan bahwa kegiatan menari efektif dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik anak di Taman Kanak-kanak Paud Panre Tanrara Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Dec 2022 03:35
Last Modified: 16 Dec 2022 03:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26172

Actions (login required)

View Item View Item