PENINGKATAN KEMAMPUAN SAINS SEDERHANA ANAK MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DI TAMAN KANAK-KANAK KATOLIK KOTA PAREPARE

ANTONIA RANTE PEMBA (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN SAINS SEDERHANA ANAK MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DI TAMAN KANAK-KANAK KATOLIK KOTA PAREPARE.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI ANTONIA .docx

Download (31kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx

Download (29kB)
[img] Text
MOTTO.docx

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR ISI DAN DAFTAR LAMPILAN.docx

Download (21kB)
[img] Text
SKRIPSI - Copy.docx

Download (103kB)
[img] Text
Lampiran 4.docx

Download (58kB)
[img] Text
foto lampiran skripsi.docx

Download (497kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (93kB)

Abstract

Antonia, 2014. Peningkatan Kemampuan Sains Sederhana Anak Melalui Penerapan Metode Eksperimen Di Taman Kanak-Kanak Katolik Kota Parepare. Dibimbing oleh Arifin Manggau S.Pd.M.Pd, dan Muh. Yusri Bachtiar,S.Pd.M.Pd. Program Pedidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan kemampuan sains sederhana anak melalui penerapan metode eksperimen di Taman Kanak-Kanak Katolik Kota Parepare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan sains sederhana anak melalui penerapan metode eksperimen di Taman Kanak-Kanak Katolik Kota Parepare.Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus penelitian adalah Peningkatan kemampuan sains sederhana anak melalui penerapan metode eksperimen. Subjek pada penelitian ini adalah anak kelompok B2 yang berjumlah 14 orang yang terdiri 6 anak perempuan dan 8 anak laki-laki serta 1 orang guru.Prosedur penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, siklus pertama 2 kali pertemuan dan siklus kedua 2 kali prtemuan untuk indikator sains terapung, tenggelam dan melayang,demikian juga untuk indikator sains larut dan tidak larut diteliti dalam 2 siklus, masing-masing siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan data-data yang dibutuhkan untuk melihat peningkatan kemampuan sains sederhana anak melalui penerapan metode eksperimen, teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik observasi dan dokumentasi. Setiap siklus dianalisa dengan mengidentifikasi indikator yang telah dicapai oleh masing-masing anak berdasarkan hasil observasi dari setiap pertemuan. Pada perrtemuan I siklus I pencapaian kemampuan sains sederhana anak mencapai 21 % dan pada pertemuan II siklus II mencapai 92 % . Dari pencapaian yang diperoleh tersebut diatas dapat di simpulkan bahwa “Kemampuan Sains Sederhana Anak Meningkat Melalui Penerapan Metode Eksperimen Pada Taman Kanak-kanak Katolik Parepare.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Dec 2022 03:06
Last Modified: 16 Dec 2022 03:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26167

Actions (login required)

View Item View Item