PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN PLASTISIN DI KELOMPOK B PADA TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH TUPPU PINRANG

SITTI RAHMA (2022) PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN PLASTISIN DI KELOMPOK B PADA TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH TUPPU PINRANG.

[img] Text
smpul ku.docx

Download (75kB)
[img] Text
BAB 1-3.docx

Download (59kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (47kB)
[img] Text
RKH I.docx

Download (30kB)
[img] Text
RKH 2.docx

Download (30kB)
[img] Text
Siklus I-1.docx

Download (45kB)
[img] Text
Siklus I-2.docx

Download (46kB)
[img] Text
SKENARIO.docx

Download (21kB)

Abstract

Sitti Rahma, 2014. Peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan bermain plastisin di kelompok B Pada Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Tuppu Pinrang. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd dan Syamsuardi, S.Pd, M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah adalah bagaimanakah peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan bermain plastisin di kelompok B Pada Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Tuppu Pinrang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan bermain plastisin di kelompok B Pada Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Tuppu Pinrang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah kreativitas anak dan kegiatan bermain plastisin. Subjek penelitian adalah 1 orang guru dan 15 anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Tuppu Pinrang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan kreativitas melalui kegiatan bermain plastisin di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Tuppu Pinrang. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus pembelajaran, siklus I aktivitas mengajar guru kategori cukup dan aktivitas belajar anak kategori cukup dan pada siklus II kemampuan mengajar guru dan belajar anak meningkatkan menjadi kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan kemampuan kreativitas melalui kegiatan bermain plastisin di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Tuppu Pinrang meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Dec 2022 01:22
Last Modified: 16 Dec 2022 01:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26156

Actions (login required)

View Item View Item