Efektivitas Pembelajaran E-Learning Menggunakan Aplikasi Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Geografi

Hasriyanti, Hasriyanti and Arfan, Amal and Faisal, Siti Raihanah Rinduputri (2022) Efektivitas Pembelajaran E-Learning Menggunakan Aplikasi Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Geografi. LaGeografia, 20 (2). pp. 219-243. ISSN p-ISSN: 1412-8187 dan e-ISSN: 2655-1284

[img] Text (Artikel)
13_22509-76618-2-PB.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Peer reviewer)
13_Peer reviewer.pdf

Download (810kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/Lageografia/article/view/225...

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi Google Classroom dalam pembelajaran goegrafi di kelas X SMA Negeri 14 Makassar mengacu pada hasil belajar. Merupakan penelitian pre eksperimen yang melibatkan satu kelompok ekperimen yaitu kelas X MIPA 5 menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analis statistika dan korelasi product moment. Hasil penelitian menyatakan bahwa penggunaan Google Classroom terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 14 Makassar tegolong tidak efektif. Hubungan antara kedua variabel dilakukan pengujian signifikan koefisien korelasi dengan uji t diperoleh thitung (2,386) > ttabel (2,045), sehingga H0 diterima dengan kontribusi sebesar 16,4025%. Terdapat faktor penghambat yaitu: terkendala akses internet serta faktor pendukung yaitu pengaplikasian Google Classroom dan motivasi siswa

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > Geografi
PASCASARJANA > Geografi
PASCASARJANA > Geografi
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Zainatun
Date Deposited: 24 Dec 2022 09:15
Last Modified: 24 Dec 2022 09:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26100

Actions (login required)

View Item View Item